RPP Tematik Kurikulum 2013 Kelas 2 SD Tema Wisata, SBK Lengkap dan Bagus

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) sangat dibutuhkan oleh semua guru bidang studi termasuk guru bidang studi RPP Tematik Kurikulum 2013 Kelas 2 SD Tema Wisata, SBK Lengkap dan Bagus sehingga RPP TEMATIK KURIKULUM 2013 KELAS 2 SD TEMA WISATA, SBK LENGKAP DAN BAGUS sangat dibutuhkan oleh banyak guru untuk menunjang aktivitas mereka belajar selama di dalam kelas. Maka untuk itu kami menyarankan untuk Anda RPP Tematik Kurikulum 2013 Kelas 2 SD Tema Wisata, SBK Lengkap dan Bagus karena akan membuat guru nyaman dan mengajar dan anak-anak akan mencapai hasil belajar yang maksimal sesuai yang diinginkan. RPP lengkap ini tersedia untuk Anda dan selamat mencontohnya!

Baik terima kasih. Selamat mempelajari.

Rencanan Pelaksanaan Pembelajaran

(RPP)  Tematik

 

 

Nama Sekolah     : 

Tema                    :  Peristiwa

Kelas/Semester   :  II / 2

Alokasi Waktu    : 3 minggu

 

  1. Standar Kompetensi

B. Indonesia

  • Memahami pesan pendek dan dongeng yang dilisankan
  • Mengungkapkan secara lisan beberapa informasi dengan mendeskripsikan benda dan bercerita
  • Memehami ragam wacana tulis dengan membaca nyaring dan membaca dalam hati
  • Menulis permulaan dengan mendeskripsikan benda di sekitar dan menyalin puisi anak

IPS

  • Memahami kedudukan dan peran anggota dalam keluarga dan lingkungan tetangga

IPA

  • Mengenal berbagai sumbar energi yang sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari dan kegunaannya
  • Memahami peristiwa alam dan pengaruh matahari dalam kehidupan sehari-hari.

SBK

  • Memahami nilai berkarya dan menyajikan proses pembuatan model benda yang terapung di air.

 

  1. Kompetensi Dasar

B. Indonesia

  • Menyampaikan pesan pendek yang didengarkannya kepada orang lain.
  • Menceritakan kembali isi dongeng yang di dengarkan.
  • Menceritakan kembali cerita anak yang didengarkan dengan menggunakan kata-kata sendiri.
  • Menyebutkan isi teks agak panjang (20 – 25 kalimat) yang dibaca dalam hati.
  • Menyalin puisi anak dengan huruf tegak bersambung yang rapi.

IPS

  • Mendeskripsikan kedudukan dan peran anggota keluarga.
  • Menceritakan pengalaman dalam melaksanakan peran dalam anggota keluarga.
  • Memberi contoh bentuk-bentuk kerjasama di lingkungan tetangga.

IPA

  • Mengidentifikasikan sumber-sunber energi (panas, listrik, cahaya dan bumi) yang ada di lingkungan sekitar.
  • Mengidentifikasi kenampakan matahari pada pagi, siang dan sore hari.
  • Mendeskripsikan kegunaan panas dan cahaya matahari dalam kehidupan sehari-hari.

SBK

  • Berkreasi dengan cat warna.

 

  1. Tujuan Pembelajaran**

B. Indonesia

  • Siswa dapat menulis pesan ke dalam beberapa kalimat dan menyampaikannya kepada orang lain.
  • Siswa dapat menyampaikan pertanyaan sesuai dengan isi cerita yang didengarkan.
  • Siswa dapat membaca lancar dengan dengan pemahaman teks cerita agak panjang.
  • Siswa dapat menulis pengalaman dengan huruf sambung yang benar.

IPS

  • Siswa dapat memahami pentingnya memelihara dokumen dan koleksi barang keluarga.
  • Siswa dapat memahami cara memelihara dokumen dan koleksi barang keluarga.
  • Siswa dapat mengungkapkan pengalaman diri sendiri dan keluarga.

IPA

  • Siswa dapat menunjukkan sumber panas, bunyi dan cahaya melalui alat rumah tangga.
  • Siswa dapat membedakan panas matahari pagi, siang dan sore hari.
  • Siswa dapat memahami kegunaan panas dan cahaya matahari dalam kehidupan sehari-hari.
  • Siswa dapat memahami adanya kedudukan matahari pagi, siang dan sore hari.

SBK

  • Siswa dapat menunjukkan langkah-langkah pembuatan cat warna dari bahan buatan.
  • Siswa dapat memilih bahan buatan yang dapat dibuat cat warna.

 

  • Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )

Tekun ( diligence )

Tanggung jawab ( responsibility )

Ketelitian ( carefulness)

Kerja sama ( Cooperation )

Toleransi ( Tolerance )

Percaya diri ( Confidence )

Keberanian ( Bravery )

 

  1. Materi Pokok
    • Teks berisi pesan pendek.
    • Bercerita tentang dongeng.
    • Menceritakan yang didengarkan.
    • Teks panjang 20 – 25 kalimat.
    • Puisi menggunakan huruf sambung.
    • Dokumen diri dan keluarga.
    • Pengalamam diri sendiri dan keluarga
    • Lingkungan alam dan buatan di sekitar rumah
    • Sumber energi dan kegunaannya
    • Pengaruh sinar matahari terhadap kondisi alam dan kehidupan di bumi
    • Kegunaan panas matahari dalam kehidupan sehari-hari
    • Ragam alat tekhnik dan proses pembuatan cat warna dari bahan alami dan buatan

 

  1. Metode Pembelajaran
    • Demontrasi, latihan, ceramah, pemberian tugas, tanya jawab.

 

  1. Langkah-langkah pembelajaran

Kegiatan awal

Apresepsi/ Motivasi :

  • Merapikan siswa, mengatue tempat duduk, berdo’a dan mengabsen (mengkondisikan anak).
  • Test awal pelajaran (pre test).

 

Kegiatan inti

Minggu ke I

Pertemuan pertama (B. Indonesia, IPA, IPS)  3 x 35’

  • Eksplorasi

Dalam kegiatan eksplorasi, guru:

  • Dengan melalui penjelasan guru siswa dapat menyampaikan pesan pendek yang didengarkan orang lain.
  • Mencari sumber yang menghasilkan panas, bunyi dan cahaya melalui alat-alat rumah tangga.
  • Menunjukkan dokumen diri dan keluarganya.
  • Elaborasi

Dalam kegiatan elaborasi, guru:

  • membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
  • memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
  • memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
  • memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
  • memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
  • memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
  • Konfirmasi

Dalam kegiatan konfirmasi, guru:

  • Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
  • Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan

Pertemuan kedua (B. Indonesia, IPA, IPS)  3 x 35’

  • Eksplorasi

Dalam kegiatan eksplorasi, guru:

  • Dengan penjelasan tentang pesan, siswa dapat menulis pesan ke dalam beberapa kalimat.
  • Menunjukkan sumber yang menghasilkan panas, bunyi, dan cahaya.
  • Elaborasi

Dalam kegiatan elaborasi, guru:

  • membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
  • memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
  • memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
  • memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
  • memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
  • memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
  • Konfirmasi

Dalam kegiatan konfirmasi, guru:

  • Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
  • Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan

 

Pertemuan ketiga (B. Indonesia, IPS)  3 x 35’

  • Eksplorasi

Dalam kegiatan eksplorasi, guru:

  • Siswa mendengarkan cerita yang dibacakan guru dan menyampaikan pertanyaan sesuai isi cerita.
  • Menjelaskan pentingnya memelihara dokumen.
  • Menulis dan membuat kalimat sederhana.
  • Elaborasi

Dalam kegiatan elaborasi, guru:

  • membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
  • memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
  • memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
  • memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
  • memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
  • memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
  • Konfirmasi

Dalam kegiatan konfirmasi, guru:

  • Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
  • Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan

 

Pertemuan keempat (B. Indonesia, IPA)  2 x 35’

  • Eksplorasi

Dalam kegiatan eksplorasi, guru:

  • Siswa mendengarkan penjelasan guru kemudian mencatat isi pesan yang didengarkan
  • Elaborasi

Dalam kegiatan elaborasi, guru:

  • Tugas portofolio, mengkliping gambar alat rumah tangga elektronik (perorangan / perkelompok)
  • membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
  • memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
  • memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
  • memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
  • memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
  • memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
  • Konfirmasi

Dalam kegiatan konfirmasi, guru:

  • Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
  • Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan

 

Pertemuan kelima (B. Indonesia)  2 x 35’

  • Eksplorasi

Dalam kegiatan eksplorasi, guru:

  • Siswa mendengarkan cerita guru kemudian menceritakan kembali cerita yang didengarkan dengan menggunakan kata-kata sendiri.
  • Elaborasi

Dalam kegiatan elaborasi, guru:

  • membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
  • memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
  • memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
  • memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
  • memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
  • memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
  • Konfirmasi

Dalam kegiatan konfirmasi, guru:

  • Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
  • Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan

 

Pertemuan keenam (B. Indonesia, SBK)  3 x 35’

  • Eksplorasi

Dalam kegiatan eksplorasi, guru:

  • Siswa menyampaikan cerita sesuai dengan pengalaman masing-masing.
  • Mengidentifikasi bahan-bahan pembuatan cat warna dari bahan buatan.
  • Elaborasi

Dalam kegiatan elaborasi, guru:

  • membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
  • memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
  • memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
  • memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
  • memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
  • memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
  • Konfirmasi

Dalam kegiatan konfirmasi, guru:

  • Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
  • Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan

 

Minggu Ke II

Pertemuan pertama (B. Indonesia, IPA)  2 x 35’

  • Eksplorasi

Dalam kegiatan eksplorasi, guru:

  • Setelah mendengarkan cerita guru, siswa dapat menceritakan kembali cerita yang didengarkan dengan menggunakan kata-kata sendiri.
  • Membedakan panas matahari pagi, siang dan sore hari.
  • Elaborasi

Dalam kegiatan elaborasi, guru:

  • membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
  • memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
  • memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
  • memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
  • memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
  • memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
  • Konfirmasi

Dalam kegiatan konfirmasi, guru:

  • Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
  • Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan

 

Pertemuan kedua (B. Indonesia, IPS)  2 x 35’

  • Eksplorasi

Dalam kegiatan eksplorasi, guru:

  • Siswa membaca lancar dengan pemahaman teks cerita agak panjang.
  • Melalui penjelasan guru, siswa dapat memahami cara memelihara dokumen dan koleksi barang keluarga.
  • Elaborasi

Dalam kegiatan elaborasi, guru:

  • membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
  • memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
  • memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
  • memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
  • memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
  • memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
  • Konfirmasi

Dalam kegiatan konfirmasi, guru:

  • Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
  • Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan

 

Pertemuan ketiga (B. Indonesia)  2 x 35’

  • Eksplorasi

Dalam kegiatan eksplorasi, guru:

  • Dengan penjelasan guru, siswa dapat menulis pengalaman dengan huruf sambung yang benar.
  • Elaborasi

Dalam kegiatan elaborasi, guru:

  • membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
  • memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
  • memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
  • memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
  • memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
  • memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
  • Konfirmasi

Dalam kegiatan konfirmasi, guru:

  • Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
  • Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan

Pertemuan keempat (B. Indonesia)  2 x 35’

  • Eksplorasi

Dalam kegiatan eksplorasi, guru:

  • Dengan membaca dalam hati, siswa dapat menjelaskan isi teks yang telah dibaca dalam hati.
  • Elaborasi

Dalam kegiatan elaborasi, guru:

  • membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
  • memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
  • memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
  • memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
  • memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
  • memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
  • Konfirmasi

Dalam kegiatan konfirmasi, guru:

  • Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
  • Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan

 

Pertemuan kelima (B. Indonesia, SBK).  2 x 35’

  • Eksplorasi

Dalam kegiatan eksplorasi, guru:

  • Setelah mendengarkan cerita guru siswa dapat membaca lancar dengan intonasi yang benar.
  • Melalui penjelasan guru, siswa mengaplikasikan bahan cat warna dari bahan alami.
  • Elaborasi

Dalam kegiatan elaborasi, guru:

  • membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
  • memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
  • memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
  • memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
  • memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
  • memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
  • Konfirmasi

Dalam kegiatan konfirmasi, guru:

  • Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
  • Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan

Minggu Ke III

Pertemuan pertama (B. Indonesia, IPA).  2 x 35’

  • Eksplorasi

Dalam kegiatan eksplorasi, guru:

  • Dengan penjelasan guru siswa menulis/mencatat pesan pendek yang disampaikan orang lain.
  • Dengan penjelasan guru, siswa dapat menjelaskan kegunaan panas dan cahaya matahari dalam kehidupan sehari-hari.

 

 

 

  • Elaborasi

Dalam kegiatan elaborasi, guru:

  • membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
  • memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
  • memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
  • memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
  • memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
  • memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
  • Konfirmasi

Dalam kegiatan konfirmasi, guru:

  • Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
  • Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan

Pertemuan kedua (B. Indonesia, IPS). 2 x 35’

  • Eksplorasi

Dalam kegiatan eksplorasi, guru:

  • Setelah mendengar penjelasan guru, siswa dapat menulis pengalaman yang berhubungan dengan peristiwa (ulang tahun, mendapat adik baru).
  • Melalui penjelasan guru dan pengamatan gambar lingkungan alam sekitar, siswa mampu menceritakan keadaan lingkungan alam dan buatan di sekitar rumah.
  • Elaborasi

Dalam kegiatan elaborasi, guru:

  • membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
  • memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
  • memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
  • memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
  • memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
  • memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
  • Konfirmasi

Dalam kegiatan konfirmasi, guru:

  • Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
  • Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan

 

Pertemuan ketiga (B. Indonesia).  2 x 35
  • Eksplorasi

Dalam kegiatan eksplorasi, guru:

  • Melalui penjelasan guru, siswa memahami ragam wacana tulis dengan membaca nyaring.
  • Elaborasi

Dalam kegiatan elaborasi, guru:

  • membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
  • memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
  • memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
  • memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
  • memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
  • memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
  • Konfirmasi

Dalam kegiatan konfirmasi, guru:

  • Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
  • Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan

 

Pertemuan keempat (B. Indonesia).  2 x 35’
  • Eksplorasi

Dalam kegiatan eksplorasi, guru:

  • Melalui penjelasan guru , siswa mampu mengungkapkan secara lisan beberapa informasi dengan mendeskripsikan benda dan bercerita.
  • Elaborasi

Dalam kegiatan elaborasi, guru:

  • membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
  • memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
  • memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
  • memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
  • memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
  • memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
  • Konfirmasi

Dalam kegiatan konfirmasi, guru:

  • Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
  • Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan kelima (B. Indonesia, SBK) 2 x 35’
  • Eksplorasi

Dalam kegiatan eksplorasi, guru:

  • Dengan penjelasan guru, siswa membacakan puisi dengan intonasi yang sesuai dengan isi puisi.
  • Setelah mendengarkan penjelasan guru, siswa mendemontrasikan cara pembuatan / mengkombinasikan cat warna dari bahan buatan.
  • Elaborasi

Dalam kegiatan elaborasi, guru:

  • membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
  • memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
  • memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
  • memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
  • memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
  • memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
  • Konfirmasi

Dalam kegiatan konfirmasi, guru:

  • Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
  • Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan

 

Pertemuan keenam (B. Indonesia, SBK).  2 x 35’
  • Eksplorasi

Dalam kegiatan eksplorasi, guru:

  • Melalui penjelasan guru, siswa dapat menyalin puisi anak dengan huruf tegak bersambung yang rapi.
  • Mendemontrasikan cara pembuatan cat warna dari bahan alami.
  • Elaborasi

Dalam kegiatan elaborasi, guru:

  • membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
  • memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
  • memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
  • memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
  • memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
  • memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
  • Konfirmasi

Dalam kegiatan konfirmasi, guru:

  • Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
  • Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
 Kegiatan akhir

Dalam kegiatan akhir, guru:

  • Pada setiap akhir kegiatan belajar mengajar diadakan test akhir pelajaran / post test baik dengan Tanya jawab maupun dengan tertulis.

 

  1. Alat dan Sumber Belajar
    • Alat peraga
    • Buku panduan Bahasa Indonesia, Sains, IPS, SBK,
    • Buku sumber lain yang dapat menunjang proses belajar mengajar.
    • Lingkungan sekitar

 

  1. Penilaian

Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran    

Indikator Pencapaian Kompetensi Penilaian
Teknik Bentuk

 Instrumen

Contoh

Instrumen

B. Indonesia

·       Mencatat isi pesan.

·       Menulis pesan ke dalam beberapa kalimat.

·       Menyampaikan pesan secara lisan kepada orang lain.

·       Menyampaikan pertanyaan sesuai dengan isi cerita yang didengarkan.

·       Menceritakan kembali cerita yang didengarkan dengan menggunakan kata-kata sendiri.

·       Membaca lancar dengan pemahaman teks cerita agak panjang .

·       Menjelaskan isi teks yang telah dibaca dalam hati.

·       Menulis pengalaman dengan huruf sambung (memperhatikan ketepatan dan kecepatan)

IPS

·       Menunjukkan dokumen diri dan keluarga.

·       Menceritakan peristiwa yang terkesan waktu kecil tentang diri dan keluarganya melalui dokumen (foto dan akte).

·       Menjelaskan pentingnya memelihara dokumen dan koleksi barang keluarga.

·       Menceritakan cara memelihara dokumen dan koleksi barang keluarga.

·       Mengungkapkan pengalaman diri sendiri dan keluarga.

·       Menceritakan keadaan lingkungan alam dan buatan di sekitar rumah.

IPA

·       Mencari sumber yang menghasilkan panas, bunyi dan cahaya melalui alat-alat rumah tangga.

·       Menunjukkan sumber yang menghasilkan panas, bunyi, dan cahaya.

·       Memberikan contoh jenis energi yang sering digunakan sehari-hari.

·       Menceritakan kedudukan matahari (pagi, siang dan sore hari).

·       Membedakan panas matahari pada pagi, siang dan sore hari.

·       Menceritakan adanya hubungan antara kedudukan matahari dengan baying-bayang yang terbentuk.

·       Menjelaskan kegunaan panas dan cahaya matahari dalam kehidupan sehari-hari.

·       Menyebutkan pengaruh panas dan cahaya matahari terhadap manusia.

SBK

·       Mendemontrasikan cara pembuatan cat warna dari bahan buatan.

 

Tes lisan Tes tertulis

 

 

uraian

isian

 B. Indonesia

·       Bagaimana cara mencatat isi pesan.

·       Bagaimana cara Menulis pesan ke dalam beberapa kalimat.

·       Bagaimana cara menyampaikan pesan secara lisan kepada orang lain.

·       Bagaimana cara menyampaikan pertanyaan sesuai dengan isi cerita yang didengarkan.

·       Ceritakan kembali cerita yang didengarkan dengan menggunakan kata-kata sendiri.

·       Bacakanlah lancar dengan pemahaman teks cerita agak panjang .

·       Jelaskanlah isi teks yang telah dibaca dalam hati.

·       Bagaimana cara Menulis pengalaman dengan huruf sambung (memperhatikan ketepatan dan kecepatan)

IPS

·       Tunjukkan dokumen diri dan keluarga.

·       Ceritakan peristiwa yang terkesan waktu kecil tentang diri dan keluarganya melalui dokumen (foto dan akte).

·       Jelaskan pentingnya memelihara dokumen dan koleksi barang keluarga.

·       Ceritakan cara memelihara dokumen dan koleksi barang keluarga.

·       Sebutkanlah pengalaman diri sendiri dan keluarga.

·       Ceritakan keadaan lingkungan alam dan buatan di sekitar rumah.

IPA

·       Bagaimana cara Mencari sumber yang menghasilkan panas, bunyi dan cahaya melalui alat-alat rumah tangga.

·       Tunjukkan sumber yang menghasilkan panas, bunyi, dan cahaya.

·       Sebutkanlah contoh jenis energi yang sering digunakan sehari-hari.

·       Ceritakan kedudukan matahari (pagi, siang dan sore hari).

·       Bedakan panas matahari pada pagi, siang dan sore hari.

·       Ceritakan adanya hubungan antara kedudukan matahari dengan baying-bayang yang terbentuk.

·       Jelaskan kegunaan panas dan cahaya matahari dalam kehidupan sehari-hari.

·       Sebutkan pengaruh panas dan cahaya matahari terhadap manusia.

SBK

·       Jelaskanlah cara pembuatan cat warna dari bahan buatan.

·  LKS

·  Lmbar observasi.

 

 

  1. Kriteria Penilaian
  2. Produk ( hasil diskusi )
No. Aspek Kriteria Skor
1. Konsep * semua benar

* sebagian besar benar

* sebagian kecil benar

* semua salah

4

3

2

1

  1. Performansi
No. Aspek Kriteria Skor
1.

 

 

 

2.

Kerjasama

 

 

 

Partisipasi

* bekerjasama

* kadang-kadang kerjasama

* tidak bekerjasama

 

* aktif  berpartisipasi

* kadang-kadang aktif

* tidak aktif

4

2

1

 

4

2

1

 

  1. Lembar Penilaian
No Nama Siswa Performan Produk Jumlah Skor Nilai
Kerjasama Partisipasi
1.

2.

3.

4.

5.

6.

7.

8.

9.

10.

 

 

 

 

CATATAN :

Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.

 

 

Mengetahui

Kepala Sekolah

 

 

 

 

 

 

NIP/NIK : –

,……… 2011

Guru Tematik Kelas II

 

 

 

 

 

 

NIP/NIK : –

 

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) sangat dibutuhkan oleh semua guru bidang studi termasuk guru bidang studi RPP Tematik Kurikulum 2013 Kelas 2 SD Tema Wisata, SBK Lengkap dan Bagus sehingga RPP TEMATIK KURIKULUM 2013 KELAS 2 SD TEMA WISATA, SBK LENGKAP DAN BAGUS sangat dibutuhkan oleh banyak guru untuk menunjang aktivitas mereka belajar selama di dalam kelas. Maka untuk itu kami menyarankan untuk Anda RPP Tematik Kurikulum 2013 Kelas 2 SD Tema Wisata, SBK Lengkap dan Bagus karena akan membuat guru nyaman dan mengajar dan anak-anak akan mencapai hasil belajar yang maksimal sesuai yang diinginkan. RPP lengkap ini tersedia untuk Anda dan selamat mencontohnya!

One thought on “RPP Tematik Kurikulum 2013 Kelas 2 SD Tema Wisata, SBK Lengkap dan Bagus

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *