RPP Tematik Kurikulum 2013 Kelas 2 SD Budi Pekerti Lengkap dan Bagus

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) sangat dibutuhkan oleh semua guru bidang studi termasuk guru bidang studi RPP Tematik Kelas 2 SD Budi Pekerti Lengkap dan Bagus sehingga RPP Tematik Kelas 2 SD Budi Pekerti Kurikulum 2013 atau RPP Tematik Kelas 2 SD Budi Pekerti sangat dibutuhkan oleh banyak guru untuk menunjang aktivitas mereka belajar selama di dalam kelas. Maka untuk itu kami menyarankan untuk Anda Download RPP Tematik Kelas 2 SD Budi Pekerti KURIKULUM 2013 LENGKAP DAN BAGUS karena akan membuat guru nyaman dan mengajar dan anak-anak akan mencapai hasil belajar yang maksimal sesuai yang diinginkan. RPP lengkap ini tersedia untuk Anda dan selamat mencontohnya! Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)  Tematik Nama Sekolah     :  Tema                    :  Budi Pekerti Kelas/Semester   :  II / 2 Alokasi Waktu    : 2 minggu

Standar Kompetensi

Bahasa Indonesia

  • Mendengarkan : memahami pesan pendek dan dongeng yang dilisankan.
  • Berbicara          : mengungkapkan secara lisan beberapa informasi dengan      mendeskripsikan benda
  • Menulis             : menulis permulaan dengan mendeskripsikan benda di sekitar   dan menyalin puisi anak.

PKN

  • Memahami sikap demokratis
  • Menampilkan nilai-nilai pancasila.

Kompetensi Dasar

Bahasa Indonesia

  • Menyampaikan pesan pendek yang didengarkan kepada orang lain.
  • Menceritakan kembali cerita anak yang didengarkan dengan menggunakan kata-kata sendiri.
  • Menyalin puisi anak dengan huruf tegak bersambung.

PKN

  • Mengenal kegiatan bermusyawarah
  • Menghargai suara terbanyak.
  • Menampilkan sikap mau menerima kekalahan.
  • Mengenal nilai kejujuran, kedisiplinan dan senang bekerja dalam kehidupan sehari-hari.
Indikator : Di ambil dari penilaian I. Tujuan Pembelajaran**

PKN

  • Memahami dan membiasakan melakukan sikap demokratis dalam kehidupan sehari-hari.
  • Memahami dan menampilkan nilai-nilai pancasila dalam kehidupan sehari-hari.
  • Membiasakan untuk bersikap lapang dada, jujur, disiplin, dan senang bekerja.
  • Merasakan manfaat hidup penuh dengan nilai-nilai pancasila, misalnya berperilaku jujur, disiplin, lapang dada dan senang bekerja.

Bahasa Indonesia

  • Memahami sebuah isi pesan yang didengar kemudian dicatat dan disampaikan kembali kepada orang lain baik lisan maupuntulisan.
  • Menyalin kalimat cetak menjadi kalimat tegak bersambung.
  • Membuat karangan pendek dengan melanjutkan sebuah cerita yang sudah disediakan.
  • Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence ) Tanggung jawab ( responsibility ) Ketelitian ( carefulness) Kerja sama ( Cooperation ) Toleransi ( Tolerance ) Percaya diri ( Confidence ) Keberanian ( Bravery )

II.Materi Pelajaran

PKN

  • Musyawarah.
  • Menghargai pendapat orang lain dan hasilkeputusan bersama.
  • Sikap lapang dada.
  • Nilai-nilai kejujuran, kedisiplinan dan senang bekerja.

Bahasa Indonesia

  • Menyampaikan pesan pendek.
  • Menyalin kalimat.
  • Menulis karangan / puisi.
III. Metode Ajar  ( Materi Pokok ) : Bahasa Indonesia Demontasi Penugasan Kuis Tanya jawab PKN Ceramah Tanya jawab Diskusi Penugasan Pembiasaan

IV.Langkah-langkah Pembelajaran

Pertemuan ke I (Bahasa Indonesia, PKN). 5 x 35’
  1. Kegiatan awal
Apresepsi/ Motivasi :
  • Membaca do’a dan mengabsen siswa, merapihkan tempat duduk.
    • Menginformasikan materi yang akan disampaikan.
  1. Kegiatan inti
    1. Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
  • Guru membacakan cerita yang bertemakan musyawarah kemudian menceritakan secara global.
    • Guru mendiktekan isi pesan.
    • Siswa mendengarkan dan mengucapkan isi pesan yang didiktekan guru.
    • Siswa mencatat isi pesan yang didiktekan guru dengan menggunakan tulisan tegak bersambung.
    • Guru memeriksa dan menilai pekerjaan siswa.
    • Guru atau murid membacakan sebuah cerita dengan nyaring dan lancar dengan memperhatikan tanda baca.

Bahasa Indonesia

  • Guru memberikan contoh cara menyusun kalimat
    • Guru menyuruh siswa kedepan mengerjakan soal.
    • Siswa menulis soal menyusun kalimat dengan baik.
    • Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
  • Siswa menjawab pertanyaan bacaan baik lisan maupun tulisan.
    • Siswa ditugasi mendiskusikan suatu permasalahan secara berkelompok untuk diminta suatu keputusan atas kesepakatan bersama.
    • Siswa dapat mengaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.
    • Guru mengambil sebuah kesimpulan dari hasil diskusi sebagai penguatan.
    • Siswa membaca secara bergilir dengan tema yang berhubungan dengan budi pekerti dan dibacakan lancar serta nyaring.
    • Mengambil intisari dari bacaan tersebut dengan melakukan Tanya jawab yang berhubungan dengan bacaan tersebut.
    • Guru membacakan dan menyanyikan kakawihan yang bertemakan budi pekerti dan siswa menirukannya.
    • Siswa dapat mengambil intisari dari isi kakawihan tersebut.
    • Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
  • Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
    • Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
  1. Kegiatan akhir
Dalam kegiatan akhir, guru:
  • Penilaian pekerjaan siswa secara tertulis.
    • Tanya jawab materi yang telah disampaikan.
    • Pemberian tugas (PR, Portofolio).
Pertemuan kedua (B. Indonesia, PKN). 5 x 35 ‘
  1. Kegiatan awal
Apresepsi/ Motivasi :
  • Membaca do’a dan mengabsen siswa.
    • Merapihkan tempat duduk.
    • Mengadakan pre test materi yang telah disampaikan.
  1. Kegiatan inti
    1. Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
  • Guru membagi beberapa kelompok (5 orang /kelompok).
    • Siswa maju ke depan untuk menerima pesan beraantai dari guru.
    • Siswa menuliskan pesan tersebut (dilakukan sampai habis kelompok).
    • Guru memberikan kesimpulan sebagai penguatan dan melakukan penilaian.
    • Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
  • Guru mengadakan sebuah diskusi untuk membicarakan sesuatu (tema ditentukan).
    • Siswa mengikuti diskus tersebut dengan harapan belajar membiasakan menghargai pendapat orang lain dan menghargai hasil keputusan bersama atas dasar kesepakatan suara terbanyak dalam suatu diskusi.
    • Guru menyimpulkan hasil diskusi sebagai penguatan.
    • Siswa membacakan sebuah dongeng dengan lancar dan memperhatikan intonasi yang benar.
    • Tanya jawab sekitar dongeng yang dibacakan untuk diambil intisari yang baik dari lakon, cerita dan karakter dalam dongeng tersebut.
    • Siswa ditugaskan untuk membuat dongeng atau mencari dongeng dari berbagai media lain.
    • Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
  • Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
    • Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
  1. Kegiatan akhir
Dalam kegiatan akhir, guru:
  • Penilaian hasil kerja siswa baik per kelompok maupun perorangan.
    • Pemberian tugas dan portofolio.
Pertemuan  ketiga
  1. Kegiatan awal
Apresepsi/ Motivasi :
  • Berdo’a dan mengabsen siswa.
    • Bercerita yang ada hubungan dengan materi yang akan diajarkan.
  1. Kegiatan inti
    1. Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
  • Guru menulis kalimat dengan menggunakan huruf cetak.
    • Siswa menyalin kalimat tersebut kedalam huruf tegak bersambung.
    • Penilaian hasil pekerjaan siswa dengan memperhatikan hurup besar dan tanda baca.
    • Bercerita yang ada hubungan dengan sikap lapang dada.
    • Siswa menanggapi dari cerita tersebut dengan bertanya jawab untuk mengungkapkan pendapatnya.
    • Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
  • Menyebutkan nilai-nilai kejujuran, kedisiplinan dan senang bekerja berikut contoh-contohnya.
    • Menceritakan akibat yang dirasakan dari sikap-sikap yang dilandasi dengan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.
    • Mengisi skala sikap yang diberikan guru.
    • Guru memberikan contoh cara memperkenalkan diri.
    • Siswa mempraktekan cara memperkenalkan teman dengan bahasa sendiri.
    • Siswa membuat percakapan dengan cara memperkenalkan teman dengan bahasa sendiri.
    • Guru menilai hasil kerja siswa.
    • Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
  • Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
    • Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
  1. Kegiatan akhir
Dalam kegiatan akhir, guru:
  • Mengadakan tanyajawab sekitar materi yang telah disampaikan.
    • Memberikan penilaian hasil kerja siswa baik secara tertulis, lisan maupun perbuatan yang telah dilakukan siswa.
    • Memberikan tugas atau PR

V.  Alat dan Sumber belajar

  • Alat peraga
    • Buku panduan Bahasa Indonesia, PKN.
    • Buku sumber lain yang dapat menunjang proses belajar mengajar.
    • Lingkungan sekitar

VI. Penilaian

Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran    
Indikator Pencapaian Kompetensi Penilaian
Teknik Bentuk  Instrumen Contoh Instrumen
Bahasa IndonesiaMencatat isi pesan. Menyampaikan pesan secara lisan kepada orang lain. Menyalin kalimat cetak menjadi kalimat tegak bersambung sebanyak 5 kalimat. Menuliskan karangan pendek dengan melanjutkan sebuah cerita yang sudah disediakan.PKNMenyebutkan cara bermusyawarah yang benar. Mengerjakan tugas dengan cara berkelompok. Membiasakan melakukan musyawarah dalam kegiatan sehari-hari. Membiasakan menghargai pendapat orang lain dalam suatu diskusi. Menghargai hasil keputusan bersama atas dasar kesepakatan dan suara terbanyak. Membiasakan untuk bersikap lapang dada. Menyebutkan nilai kejujuran, kedisiplinan, dan senang bekerja dalam kehidupan sehari-hari. Menjelaskan cara dan manfaat hidup jujur, disiplin dan senang bekerja dalam kehidupan sehari-hari.   tertulis, lisan, perbuatan isian,essay, skala sikap, portofolio  Salin ke dalam hurup sambung –  Ibu guru sedang menasehati murid kelas dua. – Ayah dan ibu sangat menyayangi kita, dst. – Apa pendapatmu tentang karakter tokoh dalam cerita itu. – Sikap menerima, tabah, dan sabar disebut sikap…….,dst. – Arman : “ Di, abdi gaduh rerencangan”. Dodi    : “ saha namina ?. Arman : “ sok wae dodi kenalan nyalira”. Dodi    : “………………….”. Arman : “…………………..”.
Kriteria Penilaian       1. Produk ( hasil diskusi )
No. Aspek Kriteria Skor
1. Konsep * semua benar * sebagian besar benar * sebagian kecil benar * semua salah 4 3 2 1
2. Performansi
No. Aspek Kriteria Skor
1. 2. Kerjasama Partisipasi * bekerjasama * kadang-kadang kerjasama * tidak bekerjasama* aktif  berpartisipasi * kadang-kadang aktif * tidak aktif 4 2 14 2 1
3. Lembar Penilaian
No Nama Siswa Performan Produk Jumlah Skor Nilai
Kerjasama Partisipasi
1. 2. 3. 4. 5. 6. 7.
CATATAN : Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
Mengetahui Kepala Sekolah   NIP/NIK : –           ,…….. 2011 Guru Tematik Kelas II    NIP/NIK : –
  Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) sangat dibutuhkan oleh semua guru bidang studi termasuk guru bidang studi RPP Tematik Kelas 2 SD Budi Pekerti Lengkap dan Bagus sehingga RPP Tematik Kelas 2 SD Budi Pekerti Kurikulum 2013 atau RPP Tematik Kelas 2 SD Budi Pekerti sangat dibutuhkan oleh banyak guru untuk menunjang aktivitas mereka belajar selama di dalam kelas. Maka untuk itu kami menyarankan untuk Anda Download RPP Tematik Kelas 2 SD Budi Pekerti KURIKULUM 2013 LENGKAP DAN BAGUS karena akan membuat guru nyaman dan mengajar dan anak-anak akan mencapai hasil belajar yang maksimal sesuai yang diinginkan. RPP lengkap ini tersedia untuk Anda dan selamat mencontohnya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *