RPP Kurikulum 2013 Aqidah Akhlak Mts Kelas VII Lengkap Bagus Revisi Pertemuan 6

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) sangat dibutuhkan oleh semua guru bidang studi termasuk guru bidang studi AQIDAH AKHLAK KELAS VII MTs sehingga RPP AQIDAH AKHLAK Kurikulum 2013 atau RPP AQIDAH AKHLAK K13 sangat dibutuhkan oleh banyak guru untuk menunjang aktivitas mereka belajar selama di dalam kelas. Maka untuk itu kami menyarankan untuk Anda Download RPP AQIDAH AKHLAK KURIKULUM 2013 LENGKAP DAN BAGUS karena akan membuat guru nyaman dan mengajar dan anak-anak akan mencapai hasil belajar yang maksimal sesuai yang diinginkan. RPP lengkap ini tersedia untuk Anda dan selamat mencontohnya. 
 

 
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Madrasah                     :  MTsN
Mata Pelajaran            : Aqidah Akhlak
Kelas / Semester           : VII / 1
Alokasi Waktu             : 2 x 40 menit
A.    Standar Kompetensi   :  
1.     Meningkatkan keimanan kepada Allah melalui pemahaman sifat-sifat Nya                        
                            
B.    Kompetensi Dasar      :
2.2     Menunjukkan bukti/dalil naqli dan aqli dari sifat-sifat wajib Allah yang nafsiyah, salbiyah, ma’ani dan ma’nawiyah.
C.    Tujuan Pembelajaran   :
§  Dapat menyebutkan bukti/dalil naqli dan aqli dari sifat-sifat wajib Allah yang nafsiyah, salbiyah, ma’ani dan ma’nawiyah.
§  Dapat menjelaskan bukti/dalil naqli dan aqli dari sifat-sifat wajib Allah yang nafsiyah, salbiyah, ma’ani dan ma’nawiyah.
§  Dapat menjelaskan dan tujuan bukti/dalil naqli dan aqli dari sifat-sifat wajib Allah yang nafsiyah, salbiyah, ma’ani dan ma’nawiyah.
§  Dapat menyimpulkan bukti/dalil naqli dan aqli dari sifat-sifat wajib Allah yang nafsiyah, salbiyah, ma’ani dan ma’nawiyah.
Karakter siswa yang diharapkan :
§  Religius, Cinta ilmu, gemar membaca, kreatif, disiplin, mandiri, ingin tahu, kerja sama
Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif : 
§  percaya diri, Berorientasi tugas dan hasil, Mampu mencari sumber belajar sendiri., Mendiskripsikan konsep dengan kata-kata sendiri.
D.    Materi Pembelajaran    :
§  menjelaskan bukti/dalil naqli dan aqli dari sifat-sifat wajib Allah yang nafsiyah, salbiyah, ma’ani dan ma’nawiyah.
§  pengertian bukti/dalil naqli dan aqli dari sifat-sifat wajib Allah yang nafsiyah, salbiyah, ma’ani dan ma’nawiyah.
§  tujuan bukti/dalil naqli dan aqli dari sifat-sifat wajib Allah yang nafsiyah, salbiyah, ma’ani dan ma’nawiyah.
§  menyimpulkan bukti/dalil naqli dan aqli dari sifat-sifat wajib Allah yang nafsiyah, salbiyah, ma’ani dan ma’nawiyah.
E.    Metode Pembelajaran :
§  Ceramah : Metode ini digunakan untuk memulai kegiatan pembelajaran terutama untuk kegiatan awal.
§  Kerja kelompok: kegiatan ini digunakan untuk mengumpulkan informasi tentang bukti/dalil naqli dan aqli dari sifat-sifat wajib Allah yang nafsiyah, salbiyah, ma’ani dan ma’nawiyah, macam-macam bukti/dalil naqli dan aqli dari sifat-sifat wajib Allah yang nafsiyah, salbiyah, ma’ani dan ma’nawiyah.
§  Diskusi: Metode ini digunakan untuk mendialogkan tema yang berkenaan dengan materi kegiatan pembelajaran
§  Pameran dan Shopping : pajangan hasil diskusi/kerja kelompok dan saling mengomentari pajangan
F.     Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan
Waktu
Aspek life skill yang dikembangkan
Nilai yang ditanamkan
v Pendahuluan :
Apersepsi dan Motivasi :
Ø  Menanyakan kepada siswa tentang bukti/dalil naqli dan aqli dari sifat-sifat wajib Allah yang nafsiyah, salbiyah, ma’ani dan ma’nawiyah.
Ø  Menjelaskan tujuan pembelajaran dan manfaatnya dalam kehidupan
Ø  Menyimpulkan bukti/dalil naqli dan aqli dari sifat-sifat wajib Allah yang nafsiyah, salbiyah, ma’ani dan ma’nawiyah.
v Kegiatan inti
Ø  Siswa Mengamati fenomena alam yang terjadi di lingkungan sekitarnya untuk menemukan tanda-tanda kekuasaan Allah dan meyakini keberadaan-Nya. (eksplorasi)
Ø  Siswa diminta membaca  dalil-dalil tentang naqli dan aqli dari sifat-sifat wajib Allah yang nafsiyah, salbiyah, ma’ani dan ma’nawiyah.
Ø  Diskusi berkelompok tentang naqli dan aqli dari sifat-sifat wajib Allah yang nafsiyah, salbiyah, ma’ani dan ma’nawiyah. (Elaborasi)
Ø  Meminta siswa Menunjukkan bukti/dalil naqli dan aqli dari sifat-sifat wajib Allah yang nafsiyah, salbiyah, ma’ani dan ma’nawiyah.
Ø  Guru dan siswa menyimpulkan bukti/dalil naqli dan aqli dari sifat-sifat wajib Allah yang nafsiyah, salbiyah, ma’ani dan ma’nawiyah. (Konfirmasi)
v Kegiatan penutup.
Ø  Guru melaksanakan penilaian lisan
Ø  Tanya jawab tentang bukti/dalil naqli dan aqli dari sifat-sifat wajib Allah yang nafsiyah, salbiyah, ma’ani dan ma’nawiyah.
Ø  Guru memberikan tugas untuk menghafal salah satu surat pendek sebagai pengamalan
10
50
5
10
5
¨       Pemahaman Konsep
§ Religius, Cinta ilmu, gemar membaca, kreatif, disiplin, mandiri, ingin tahu, kerja sama
G.   Sumber Pembelajaran
§  Al-Qur’an dan terjemahnya
§  Buku paket Aqidah Akhlaq kls VII,
§  LKS
§  Hasil kerja siswa
H.Assessment/ Penilaian
Penilaian
Nilai  Budaya Dan Karakter Bangsa
Indikator Pencapaian
Jenis Penilaian
Bentuk Penilaian
 Instrumen
§ Religius, Cinta ilmu, gemar membaca, kreatif, disiplin, mandiri, ingin tahu, kerja sama
Ø  Menyebutkan tanda-tanda adanya Allah melalui fenomena alam semesta.
Ø  Menyebutkan tanda-tanda adanya Allah melalui ciptaan-ciptaan-Nya.
Ø  Menyebutkan tanda-tanda adanya Allah melalui dalil naqli.
Penugasan
Tes tulis
Penugasan
Jawab singkat
Jawab singkat
Jawab singkat
Ø  Sebutkanlah tanda-tanda adanya Allah melalui fenomena alam semesta ?
Ø  Sebutkanlah tanda-tanda adanya Allah melalui ciptaan-ciptaan-Nya ?
Ø  Sebutkanlah tanda-tanda adanya Allah melalui dalil naqli. ?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *