RPP Kurikulum 2013 Aqidah Akhlak Mts Kelas VII Lengkap Bagus Revisi Pertemuan 5

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) sangat dibutuhkan oleh semua guru bidang studi termasuk guru bidang studi AQIDAH AKHLAK KELAS VII MTs sehingga RPP AQIDAH AKHLAK Kurikulum 2013 atau RPP AQIDAH AKHLAK K13 sangat dibutuhkan oleh banyak guru untuk menunjang aktivitas mereka belajar selama di dalam kelas. Maka untuk itu kami menyarankan untuk Anda Download RPP AQIDAH AKHLAK KURIKULUM 2013 LENGKAP DAN BAGUS karena akan membuat guru nyaman dan mengajar dan anak-anak akan mencapai hasil belajar yang maksimal sesuai yang diinginkan. RPP lengkap ini tersedia untuk Anda dan selamat mencontohnya. 
 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Madrasah                     :  MTsN  
Mata Pelajaran            : Aqidah Akhlak
Kelas / Semester           : VII / 1
Alokasi Waktu             : 2 x 40 menit
A.    Standar Kompetensi   :  
1.     Meningkatkan keimanan kepada Allah melalui pemahaman sifat-sifat Nya                        
                            
B.    Kompetensi Dasar      :
Mengidentifikasi sifat-sifat wajib Allah yang nafsiyah, salbiyah, ma’ani dan ma’nawiyah.
C.    Tujuan Pembelajaran   :
§  Dapat menyebutkan Sifat wajib bagi Allah SWT yang nafsiyah, salbiyah, ma’ani dan ma’nawiyah
§  Dapat menjelaskan Sifat wajib bagi Allah SWT yang nafsiyah, salbiyah, ma’ani dan ma’nawiyah
§  Dapat menjelaskan dan tujuan Sifat wajib bagi Allah SWT yang nafsiyah, salbiyah, ma’ani dan ma’nawiyah
§  Dapat menyimpulkan Sifat wajib bagi Allah SWT yang nafsiyah, salbiyah, ma’ani dan ma’nawiyah
Karakter siswa yang diharapkan :
§  Religius, Cinta ilmu, gemar membaca, kreatif, disiplin, mandiri, ingin tahu, kerja sama
Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif : 
§  percaya diri, Berorientasi tugas dan hasil, Mampu mencari sumber belajar sendiri., Mendiskripsikan konsep dengan kata-kata sendiri.
D.    Materi Pembelajaran    :
§  menjelaskan Sifat wajib bagi Allah SWT yang nafsiyah, salbiyah, ma’ani dan ma’nawiyah
§  pengertian Sifat wajib bagi Allah SWT yang nafsiyah, salbiyah, ma’ani dan ma’nawiyah
§  tujuan Sifat wajib bagi Allah SWT yang nafsiyah, salbiyah, ma’ani dan ma’nawiyah
§  menyimpulkan Sifat wajib bagi Allah SWT yang nafsiyah, salbiyah, ma’ani dan ma’nawiyah
E.    Metode Pembelajaran :
§  Ceramah : Metode ini digunakan untuk memulai kegiatan pembelajaran terutama untuk kegiatan awal.
§  Kerja kelompok: kegiatan ini digunakan untuk mengumpulkan informasi tentang Sifat wajib bagi Allah SWT yang nafsiyah, salbiyah, ma’ani dan ma’nawiyah, macam-macam Sifat wajib bagi Allah SWT yang nafsiyah, salbiyah, ma’ani dan ma’nawiyah
§  Diskusi: Metode ini digunakan untuk mendialogkan tema yang berkenaan dengan materi kegiatan pembelajaran
§  Pameran dan Shopping : pajangan hasil diskusi/kerja kelompok dan saling mengomentari pajangan
F.     Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan
Waktu
Aspek life skill yang dikembangkan
Nilai yang ditanamkan
v Pendahuluan :
Apersepsi dan Motivasi :
Ø  Menanyakan kepada siswa tentang Sifat wajib bagi Allah SWT yang nafsiyah, salbiyah, ma’ani dan ma’nawiyah
Ø  Menjelaskan tujuan pembelajaran dan manfaatnya dalam kehidupan
Ø  Menyimpulkan Sifat wajib bagi Allah SWT yang nafsiyah, salbiyah, ma’ani dan ma’nawiyah
v Kegiatan inti
Ø  Siswa Menelaah Berbagai Literatur Untuk Dapat Menyebutkan Dan Menjelaskan Sifat-Sifat Wajib Bagi Allah SWT Dan Mengklasifikasikannya Sesuai Dengan Sifat Nafsiyah, Salbiyah, Ma’ani Dan Ma’nawiyah (eksplorasi)
Ø  Diskusi Berkelompok Tentang Sifat-Sifat Wajib Allah Yang Nafsiyah, Salbiyah, Ma’ani Dan Ma’nawiyah. (Elaborasi)
Ø  Meminta Siswa Mengidentifikasi Sifat-Sifat Wajib Allah Yang Nafsiyah, Salbiyah, Ma’ani Dan Ma’nawiyah.
Ø  Guru Dan Siswa Menyimpulkan Sifat-Sifat Wajib Allah Yang Nafsiyah, Salbiyah, Ma’ani Dan Ma’nawiyah. (Konfirmasi)
v Kegiatan penutup.
Ø  Guru melaksanakan penilaian lisan
Ø  Tanya jawab tentang Sifat wajib bagi Allah SWT yang nafsiyah, salbiyah, ma’ani dan ma’nawiyah dan tujuan Sifat wajib bagi Allah SWT yang nafsiyah, salbiyah, ma’ani dan ma’nawiyah
Ø  Guru memberikan tugas untuk menghafal salah satu surat pendek sebagai pengamalan
10
50
5
10
5
¨     Pemahaman Konsep
§ Religius, Cinta ilmu, gemar membaca, kreatif, disiplin, mandiri, ingin tahu, kerja sama
G.   Sumber Pembelajaran
§  Al-Qur’an dan terjemahnya
§  Buku paket Aqidah Akhlaq kls VII,
§  LKS
§  Hasil kerja siswa
H.Assessment/ Penilaian
Penilaian
Nilai  Budaya Dan Karakter Bangsa
Indikator Pencapaian
Jenis Penilaian
Bentuk Penilaian
 Instrumen
§ Religius, Cinta ilmu, gemar membaca, kreatif, disiplin, mandiri, ingin tahu, kerja sama
Ø  Menjelaskan pengertian sifat-sifat wajib bagi Allah SWT.
Ø  menghafal sifat-sifat wajib bagi Allah SWT.
Ø  Menunjukkan klasifikasi sifat-sifat wajib Allah yang nafsiyah, salbiyah, ma’ani dan ma’nawiyah.
Ø  Menunjukkan dalil tentang sifat-sifat wajib bagi Allah SWT.
Tes tulis
Tes Lisan
Tes Lisan
Tes tulis
Uraian
Tugas
Jawab singkat
Jawab singkat
Ø   Jelaskan  pengertian sifat-sifat wajib bagi Allah SWT ?
Ø     Hafalkanlah sifat-sifat wajib bagi Allah SWT.
Ø   Jelaskan  klasifikasi sifat-sifat wajib Allah yang nafsiyah, salbiyah, ma’ani dan ma’nawiyah ?
Ø   Jelaskan dalil tentang sifat-sifat wajib bagi Allah SWT ?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *