RPP Kurikulum 2013 Aqidah Akhlak Mts Kelas VII Lengkap Bagus Revisi Pertemuan 4

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) sangat dibutuhkan oleh semua guru bidang studi termasuk guru bidang studi AQIDAH AKHLAK KELAS VII MTs sehingga RPP AQIDAH AKHLAK Kurikulum 2013 atau RPP AQIDAH AKHLAK K13 sangat dibutuhkan oleh banyak guru untuk menunjang aktivitas mereka belajar selama di dalam kelas. Maka untuk itu kami menyarankan untuk Anda Download RPP AQIDAH AKHLAK KURIKULUM 2013 LENGKAP DAN BAGUS karena akan membuat guru nyaman dan mengajar dan anak-anak akan mencapai hasil belajar yang maksimal sesuai yang diinginkan. RPP lengkap ini tersedia untuk Anda dan selamat mencontohnya. 
 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Madrasah                     :  MTsN
Mata Pelajaran            : Aqidah Akhlak
Kelas / Semester           : VII / 1
Alokasi Waktu             : 2 x 40 menit
A.    Standar Kompetensi   :  
1.         Memahami dasar dan tujuan akidah Islam.
                                               
B.    Kompetensi Dasar      :
1.1.Menunjukkan dalil tentang Iman, Islam dan Ihsan
C.    Tujuan Pembelajaran   :
§  Dapat menyebutkan Dalil tentang Iman, Islam dan Ihsan
§  Dapat menjelaskan Dalil tentang Iman, Islam dan Ihsan
§  Dapat menjelaskan dan tujuan Dalil tentang Iman, Islam dan Ihsan
§  Dapat menyimpulkan Dalil tentang Iman, Islam dan Ihsan
Karakter siswa yang diharapkan :
§  Religius, Cinta ilmu, gemar membaca, kreatif, disiplin, mandiri, ingin tahu, kerja sama
Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif : 
§  percaya diri, Berorientasi tugas dan hasil, Mampu mencari sumber belajar sendiri., Mendiskripsikan konsep dengan kata-kata sendiri.
D.    Materi Pembelajaran    :
§  menjelaskan Dalil tentang Iman, Islam dan Ihsan
§  pengertian Dalil tentang Iman, Islam dan Ihsan
§  tujuan Dalil tentang Iman, Islam dan Ihsan
§  menyimpulkan Dalil tentang Iman, Islam dan Ihsan
E.    Metode Pembelajaran :
§  Ceramah : Metode ini digunakan untuk memulai kegiatan pembelajaran terutama untuk kegiatan awal.
§  Kerja kelompok: kegiatan ini digunakan untuk mengumpulkan informasi Dalil tentang Iman, Islam dan Ihsan, macam-macam Dalil tentang Iman, Islam dan Ihsan,
§  Diskusi: Metode ini digunakan untuk mendialogkan tema yang berkenaan dengan materi kegiatan pembelajaran
§  Pameran dan Shopping : pajangan hasil diskusi/kerja kelompok dan saling mengomentari pajangan
F.     Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan
Waktu
Aspek life skill yang dikembangkan
Nilai yang ditanamkan
v Pendahuluan :
Apersepsi dan Motivasi :
Ø  Menanyakan kepada siswa tentang Dalil tentang Iman, Islam dan Ihsan
Ø  Menjelaskan tujuan pembelajaran dan manfaatnya dalam kehidupan
Ø  Menyimpulkan Dalil tentang Iman, Islam dan Ihsan
v Kegiatan inti
Ø  Menanyakan kepada siswa tentang iman, Islam, dan Ihsan (eksplorasi)
Ø  Diskusi kelompok tentang ayat-ayat dalam Al-Qur’an yang menjelaskan tentang iman, Islam, dan Ihsan (siswa dibagi 3 kelompok) (Elaborasi)
Ø  Meminta kepada kelompok untuk membaca hasil diskusi tentang ayat-ayat Al-Qur’an yang menjelaskan tentang iman, Islam, dan ihsan
Ø  Meminta siswa untuk menghafal ayat Al-Qur’an yang menjelaskan tentang iman, Islam, dan ihsan
Ø  Meminta siswa mengidentifikasi nama-nama surat dalam al-Qur’an yang menjelaskan tentang sifat-sifat wajib, mustahil, dan jaiz bagi Allah SWT.
Ø  Memberikan penguatan tentang dalil iman, Islam, dan ihsan
Ø  Membaca dan menelaah berbagai literatur untuk dapat
Ø  menunjukkan dalil yang berkaitan dengan Iman, Islam dan Ihsan (Konfirmasi)
v Kegiatan penutup.
Ø  Guru melaksanakan penilaian lisan
Ø  Tanya jawab soal Dalil tentang Iman, Islam dan Ihsan dan tujuan Dalil tentang Iman, Islam dan Ihsan
Ø  Guru memberikan tugas untuk menghafal salah satu surat pendek sebagai pengamalan
10
50
5
10
5
¨     Pemahaman Konsep
§ Religius, Cinta ilmu, gemar membaca, kreatif, disiplin, mandiri, ingin tahu, kerja sama
G.   Sumber Pembelajaran
§  Al-Qur’an surat Al-Baqarah ayat  kursi dan terjemahnya
§  Buku paket Aqidah Akhlaq kls VII,
§  LKS
H.   Assessment/ Penilaian
Penilaian
Nilai  Budaya Dan Karakter Bangsa
Indikator Pencapaian
Jenis Penilaian
Bentuk Penilaian
 Instrumen
§ Religius, Cinta ilmu, gemar membaca, kreatif, disiplin, mandiri, ingin tahu, kerja sama
Ø  Menunjukkan dalil yang berkaitan dengan Iman
Ø  Menunjukkan dalil yang berkaitan dengan Islam
Ø  Menunjukkan dalil yang berkaitan dengan Ihsan
Ø  Dapat membaca ayat-ayat dalam Al-Qur’an yang menjelaskan tentang iman, Islam, dan ihsan
Ø  Dapat menguraikan ayat-ayat dalam Al-Qur’an yang menjelaskan tentang iman, Islam, dan ihsan.
Ø  Hafal ayat-ayat dalam Al-Qur’an yang menjelaskan tentang iman, Islam, dan ihsan.
Ø  Dapat menyebutkan surat dalam Al-Qur’an yang menjelaskan tentang iman, Islam, dan ihsan
Tes tulis
Tes tulis
Tes tulis
Tes Lisan
Tes tulis
Penugasan
Tes Lisan
Uraian
Uraian
Uraian
Uraian
Uraian
Tugas
Jawab singkat
Ø   Jelaskan  dalil yang berkaitan dengan Iman?
Ø   Jelaskan  dalil yang berkaitan dengan Islam?
Ø   Jelaskan  dalil yang berkaitan dengan Ihsan?
Ø   Bacakanlah ayat-ayat dalam Al-Qur’an yang menjelaskan tentang iman, Islam, dan ihsan?
Ø   Simpulkanlah ayat-ayat dalam Al-Qur’an yang menjelaskan tentang iman, Islam, dan ihsan. ?
Ø   Hafalkanlah ayat-ayat dalam Al-Qur’an yang menjelaskan tentang iman, Islam, dan ihsan.?
Ø   Sebutkan surat dalam Al-Qur’an yang menjelaskan tentang iman, Islam, dan ihsan?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *