RPP Kurikulum 2013 Aqidah Akhlak Mts Kelas VII Lengkap Bagus Revisi Pertemuan 3

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) sangat dibutuhkan oleh semua guru bidang studi termasuk guru bidang studi AQIDAH AKHLAK KELAS VII MTs sehingga RPP AQIDAH AKHLAK Kurikulum 2013 atau RPP AQIDAH AKHLAK K13 sangat dibutuhkan oleh banyak guru untuk menunjang aktivitas mereka belajar selama di dalam kelas. Maka untuk itu kami menyarankan untuk Anda Download RPP AQIDAH AKHLAK KURIKULUM 2013 LENGKAP DAN BAGUS karena akan membuat guru nyaman dan mengajar dan anak-anak akan mencapai hasil belajar yang maksimal sesuai yang diinginkan. RPP lengkap ini tersedia untuk Anda dan selamat mencontohnya. 
 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Madrasah                     :  MTsN
Mata Pelajaran            : Aqidah Akhlak
Kelas / Semester           : VII / 1
Alokasi Waktu             : 2 x 40 menit
A.    Standar Kompetensi   :  
1.         Memahami dasar dan tujuan akidah Islam.
                                               
B.    Kompetensi Dasar      :
1.1.    Menjelaskan hubungan Iman, Islam dan Ihsan
C.    Tujuan Pembelajaran   :
§  Dapat menyebutkan Hubungan Iman, Islam dan Ihsan
§  Dapat menjelaskan Hubungan Iman, Islam dan Ihsan
§  Dapat menjelaskan dan tujuan Hubungan Iman, Islam dan Ihsan
§  Dapat menyimpulkan Hubungan Iman, Islam dan Ihsan
Karakter siswa yang diharapkan :
§  Religius, Cinta ilmu, gemar membaca, kreatif, disiplin, mandiri, ingin tahu, kerja sama
Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif : 
§  percaya diri, Berorientasi tugas dan hasil, Mampu mencari sumber belajar sendiri., Mendiskripsikan konsep dengan kata-kata sendiri.
D.    Materi Pembelajaran    :
§  menjelaskan Hubungan Iman, Islam dan Ihsan
§  pengertian Hubungan Iman, Islam dan Ihsan
§  tujuan Hubungan Iman, Islam dan Ihsan
§  menyimpulkan Hubungan Iman, Islam dan Ihsan
E.    Metode Pembelajaran :
§  Ceramah : Metode ini digunakan untuk memulai kegiatan pembelajaran terutama untuk kegiatan awal.
§  Kerja kelompok: kegiatan ini digunakan untuk mengumpulkan informasi tentang Hubungan Iman, Islam dan Ihsan, macam-macam Hubungan Iman, Islam dan Ihsan,
§  Diskusi: Metode ini digunakan untuk mendialogkan tema yang berkenaan dengan materi kegiatan pembelajaran
§  Pameran dan Shopping : pajangan hasil diskusi/kerja kelompok dan saling mengomentari pajangan
F.     Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan
Waktu
Aspek life skill yang dikembangkan
Nilai yang ditanamkan
v Pendahuluan :
Apersepsi dan Motivasi :
Ø  Menanyakan kepada siswa tentang Hubungan Iman, Islam dan Ihsan
Ø  Menjelaskan tujuan pembelajaran dan manfaatnya dalam kehidupan
v Kegiatan inti
Ø  Siswa Bertanya jawab tentang pengertian  iman, Islam, dan Ihsan
Ø  Siswa Menggambarkan diagram  hubungan  iman, Islam, dan ihsan (eksplorasi)
Ø  Siswa Menjelaskan dengan kalimat hubungan iman, Islam, dan ihsan
Ø  Siswa Membaca dan menelaah berbagai literatur untuk dapat menjelaskan pengertian, perbedaan dan hubungan Iman, Islam dan Ihsan (Elaborasi)
Ø  Guru dan siswa menyimpulkan pengertian, dasar, dan tujuan akidah (Konfirmasi)
v Kegiatan penutup.
Ø  Guru melaksanakan penilaian lisan
Ø  Tanya jawab tentang Dalil tentang dasar dan tujuan Akidah Islam
Ø  Guru memberikan tugas untuk menghafal salah satu surat pendek sebagai pengamalan
10
50
5
10
5
¨     Pemahaman Konsep
§ Religius, Cinta ilmu, gemar membaca, kreatif, disiplin, mandiri, ingin tahu, kerja sama
G.   Sumber Pembelajaran
§  Al-Qur’an surat Al-Baqarah ayat  kursi dan terjemahnya
§  Buku paket Aqidah Akhlaq kls VII,
§  LKS
§  Hasil kerja siswa
H.   Assessment/ Penilaian
Penilaian
Nilai  Budaya Dan Karakter Bangsa
Indikator Pencapaian
Jenis Penilaian
Bentuk Penilaian
 Instrumen
§ Religius, Cinta ilmu, gemar membaca, kreatif, disiplin, mandiri, ingin tahu, kerja sama
Ø  Menjelaskan pengertian Iman, Islam dan Ihsan
Ø  Menjelaskan perbedaan antara Iman, Islam dan Ihsan
Ø  Menjelaskan hubungan Iman, Islam dan Ihsan
Tes tulis
Tes tulis
Tes tulis
Uraian
Jawab singkat
Uraian
Ø  Jelaskan  pengertian Iman, Islam dan Ihsan?
Ø   Sebutkan perbedaan antara Iman, Islam dan Ihsan ?
Ø  Jelaskan hubungan Iman, Islam dan Ihsan?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *