RPP Kurikulum 2013 Aqidah Akhlak Mts Kelas VII Lengkap Bagus Revisi Pertemuan 12

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) sangat dibutuhkan oleh semua guru bidang studi termasuk guru bidang studi AQIDAH AKHLAK KELAS VII MTs sehingga RPP AQIDAH AKHLAK Kurikulum 2013 atau RPP AQIDAH AKHLAK K13 sangat dibutuhkan oleh banyak guru untuk menunjang aktivitas mereka belajar selama di dalam kelas. Maka untuk itu kami menyarankan untuk Anda Download RPP AQIDAH AKHLAK KURIKULUM 2013 LENGKAP DAN BAGUS karena akan membuat guru nyaman dan mengajar dan anak-anak akan mencapai hasil belajar yang maksimal sesuai yang diinginkan. RPP lengkap ini tersedia untuk Anda dan selamat mencontohnya. 



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Madrasah                     :  MTsN
Mata Pelajaran            : Aqidah Akhlak
Kelas / Semester           : VII / 1
Alokasi Waktu             : 2 x 40 menit
A.    Standar Kompetensi   :  
3.   Menunjukkan akhlak terpuji kepada Allah     
                            
B.    Kompetensi Dasar      :
3.1.    Membiasakan perilaku ikhlas, taat, khauf dan taubat dalam kehidupan sehari-hari
C.    Tujuan Pembelajaran   :
§  Dapat menyebutkan Perilaku Ikhlas, Taat, Khauf Dan Taubat Dalam Kehidupan Sehari-Hari
§  Dapat menjelaskan Perilaku Ikhlas, Taat, Khauf Dan Taubat Dalam Kehidupan Sehari-Hari
§  Dapat menjelaskan dan tujuan Perilaku Ikhlas, Taat, Khauf Dan Taubat Dalam Kehidupan Sehari-Hari
§  Dapat menyimpulkan Perilaku Ikhlas, Taat, Khauf Dan Taubat Dalam Kehidupan Sehari-Hari
Karakter siswa yang diharapkan :
§  Religius, Cinta ilmu, gemar membaca, kreatif, disiplin, mandiri, ingin tahu, kerja sama
Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif : 
§  percaya diri, Berorientasi tugas dan hasil, Mampu mencari sumber belajar sendiri., Mendiskripsikan konsep dengan kata-kata sendiri.
D.    Materi Pembelajaran    :
§  menjelaskan Perilaku Ikhlas, Taat, Khauf Dan Taubat Dalam Kehidupan Sehari-Hari
§  pengertian Perilaku Ikhlas, Taat, Khauf Dan Taubat Dalam Kehidupan Sehari-Hari
§  tujuan Perilaku Ikhlas, Taat, Khauf Dan Taubat Dalam Kehidupan Sehari-Hari
§  menyimpulkan Perilaku Ikhlas, Taat, Khauf Dan Taubat Dalam Kehidupan Sehari-Hari
E.    Metode Pembelajaran :
§  Ceramah : Metode ini digunakan untuk memulai kegiatan pembelajaran terutama untuk kegiatan awal.
§  Kerja kelompok: kegiatan ini digunakan untuk mengumpulkan informasi tentang Perilaku Ikhlas, Taat, Khauf Dan Taubat Dalam Kehidupan Sehari-Hari, dan macam-macam Akhlak terpuji pada Allah (ikhlas, taat, khauf dan taubat)
§  Diskusi: Metode ini digunakan untuk mendialogkan tema yang berkenaan dengan materi kegiatan pembelajaran
§  Pameran dan Shopping : pajangan hasil diskusi/kerja kelompok dan saling mengomentari pajangan
F.     Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan
Waktu
Aspek life skill yang dikembangkan
Nilai yang ditanamkan
v Pendahuluan :
Apersepsi dan Motivasi :
Ø  Menanyakan kepada siswa tentang Perilaku Ikhlas, Taat, Khauf Dan Taubat Dalam Kehidupan Sehari-Hari
Ø  Menjelaskan tujuan pembelajaran dan manfaatnya dalam kehidupan
Ø  Menyimpulkan Perilaku Ikhlas, Taat, Khauf Dan Taubat Dalam Kehidupan Sehari-Hari
v Kegiatan inti
Ø  Siswa Mempraktikkan perilaku terpuji (ikhlas, taat, khauf dan taubat) bersama teman-teman dan guru-gurunya di Madrasah.
Ø  Menanyakan kepada siswa tentang Akhlak terpuji pada Allah (ikhlas, taat, khauf dan taubat) (eksplorasi)
Ø  Diskusi kelompok tentang Akhlak terpuji pada Allah (ikhlas, taat, khauf dan taubat) (Elaborasi)
Ø  Meminta siswa mengidentifikasi perilaku ikhlas, taat, khauf dan taubat dalam kehidupan sehari-hari
Ø  Meminta kepada kelompok untuk membaca hasil diskusi tentang Akhlak terpuji pada Allah (ikhlas, taat, khauf dan taubat)
Ø  Guru dan siswa menyimpulkan Akhlak terpuji pada Allah (ikhlas, taat, khauf dan taubat) (Konfirmasi)
v Kegiatan penutup.
Ø  Guru melaksanakan penilaian lisan
Ø  Tanya jawab tentang Perilaku Ikhlas, Taat, Khauf Dan Taubat Dalam Kehidupan Sehari-Hari
Ø  Guru memberikan tugas untuk menghafal salah satu surat pendek sebagai pengamalan
10
50
5
10
5
¨       Pemahaman Konsep
§ Cinta ilmu, gemar membaca, kreatif, disiplin, mandiri, ingin tahu, kerja sama
G.   Sumber Pembelajaran
§  Al-Qur’an dan terjemahnya
§  Buku paket Aqidah Akhlaq kls VII,
§  LKS
§  Hasil kerja siswa
H.   Assessment/ Penilaian
Nilai  Budaya Dan Karakter Bangsa
Indikator Pencapaian
Jenis Penilaian
Bentuk Penilaian
Instrumen
§ Religius, Cinta ilmu, gemar membaca, kreatif, disiplin, mandiri, ingin tahu, kerja sama
Ø  Menunjukkan contoh sikap ikhlas, taat, khauf dan taubat dalam lingkungan keluarga.
Ø  Menunjukkan contoh sikap ikhlas, taat, khauf dan taubat dalam lingkungan Madrasah.
Ø  Menunjukkan contoh sikap ikhlas, taat, khauf dan taubat dalam lingkungan masyarakat.
Portofolio
Portofolio
Portofolio
Jawab singkat
Jawab singkat
Jawab singkat
Ø  Sebutkan  contoh sikap ikhlas, taat, khauf dan taubat dalam lingkungan keluarga. ?
Ø  Sebutkan   contoh sikap ikhlas, taat, khauf dan taubat dalam lingkungan Madrasah. ?
Ø  Sebutkan contoh sikap ikhlas, taat, khauf dan taubat dalam lingkungan masyarakat.?

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *