RPP Kurikulum 2013 Aqidah Akhlak Mts Kelas VII Lengkap Bagus Revisi Pertemuan 11

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) sangat dibutuhkan oleh semua guru bidang studi termasuk guru bidang studi AQIDAH AKHLAK KELAS VII MTs sehingga RPP AQIDAH AKHLAK Kurikulum 2013 atau RPP AQIDAH AKHLAK K13 sangat dibutuhkan oleh banyak guru untuk menunjang aktivitas mereka belajar selama di dalam kelas. Maka untuk itu kami menyarankan untuk Anda Download RPP AQIDAH AKHLAK KURIKULUM 2013 LENGKAP DAN BAGUS karena akan membuat guru nyaman dan mengajar dan anak-anak akan mencapai hasil belajar yang maksimal sesuai yang diinginkan. RPP lengkap ini tersedia untuk Anda dan selamat mencontohnya. 


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Madrasah                     :  MTsN
Mata Pelajaran            : Aqidah Akhlak
Kelas / Semester           : VII / 1
Alokasi Waktu             : 2 x 40 menit
A.    Standar Kompetensi   :  
3.   Menunjukkan akhlak terpuji kepada Allah     
                            
B.    Kompetensi Dasar      :
3.1.    Menunjukkan nilai-nilai positif dari ikhlas, taat, khauf dan taubat dalam fenomena kehidupan
C.    Tujuan Pembelajaran   :
§  Dapat menyebutkan Nilai-nilai positif dari ikhlas, taat, khauf dan taubat
§  Dapat menjelaskan  Nilai-nilai positif dari ikhlas, taat, khauf dan taubat
§  Dapat menjelaskan dan tujuan Nilai-nilai positif dari ikhlas, taat, khauf dan taubat
§  Dapat menyimpulkan Nilai-nilai positif dari ikhlas, taat, khauf dan taubat
Karakter siswa yang diharapkan :
§  Cinta ilmu, gemar membaca, kreatif, disiplin, mandiri, ingin tahu, kerja sama
Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif : 
§  percaya diri, Berorientasi tugas dan hasil, Mampu mencari sumber belajar sendiri., Mendiskripsikan konsep dengan kata-kata sendiri.
D.    Materi Pembelajaran    :
§  menjelaskan Nilai-nilai positif dari ikhlas, taat, khauf dan taubat
§  pengertian  Nilai-nilai positif dari ikhlas, taat, khauf dan taubat
§  tujuan Nilai-nilai positif dari ikhlas, taat, khauf dan taubat
§  menyimpulkan Nilai-nilai positif dari ikhlas, taat, khauf dan taubat
E.    Metode Pembelajaran :
§  Ceramah : Metode ini digunakan untuk memulai kegiatan pembelajaran terutama untuk kegiatan awal.
§  Kerja kelompok: kegiatan ini digunakan untuk mengumpulkan informasi tentang Nilai-nilai positif dari ikhlas, taat, khauf dan taubat
§  Diskusi: Metode ini digunakan untuk mendialogkan tema yang berkenaan dengan materi kegiatan pembelajaran
§  Pameran dan Shopping : pajangan hasil diskusi/kerja kelompok dan saling mengomentari pajangan
F.     Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan
Waktu
Aspek life skill yang dikembangkan
Nilai yang ditanamkan
v Pendahuluan :
Apersepsi dan Motivasi :
Ø  Menanyakan kepada siswa tentang Nilai-nilai positif dari ikhlas, taat, khauf dan taubat
Ø  Menjelaskan tujuan pembelajaran dan manfaatnya dalam kehidupan
Ø  Menyimpulkan Nilai-nilai positif dari ikhlas, taat, khauf dan taubat
v Kegiatan inti
Ø  Siswa Mengamati lingkungan sekitar untuk menunjukkan nilai-nilai positif dari ikhlas, taat, khauf dan taubat dalam fenomena kehidupan (eksplorasi)
Ø  Menanyakan kepada siswa tentang Nilai-nilai positif dari ikhlas, taat,
Ø   khauf dan taubat
Ø  Diskusi kelompok tentang Nilai-nilai positif dari ikhlas, taat, khauf dan taubat (Elaborasi)
Ø  Meminta kepada kelompok untuk membaca hasil diskusi tentang Nilai-nilai positif dari ikhlas, taat, khauf dan taubat
Ø  Meminta siswa mengidentifikasi Nilai-nilai positif dari ikhlas, taat, khauf dan taubat
Ø  Guru dan siswa menyimpulkan Nilai-nilai positif dari ikhlas, taat, khauf dan taubat (Konfirmasi)
v Kegiatan penutup.
Ø  Guru melaksanakan penilaian lisan
Ø  Tanya jawab tentang Nilai-nilai positif dari ikhlas, taat, khauf dan taubat
Ø  Guru memberikan tugas untuk menghafal salah satu surat pendek sebagai pengamalan
10
50
5
10
5
¨       Pemahaman Konsep
§ Religius, Cinta ilmu, gemar membaca, kreatif, disiplin, mandiri, ingin tahu, kerja sama
G.   Sumber Pembelajaran
§  Al-Qur’an dan terjemahnya
§  Buku paket Aqidah Akhlaq kls VII,
§  LKS
§  Hasil kerja siswa
H.   Assessment/ Penilaian
Nilai  Budaya Dan Karakter Bangsa
Indikator Pencapaian
Jenis Penilaian
Bentuk Penilaian
Instrumen
§ Religius, Cinta ilmu, gemar membaca, kreatif, disiplin, mandiri, ingin tahu, kerja sama
Ø  Menyebutkan nilai-nilai positif dari ikhlas dalam fenomena kehidupan
Ø  Menyebutkan nilai-nilai positif dari taat dalam fenomena kehidupan
Ø  Menyebutkan nilai-nilai positif dari khauf dalam fenomena kehidupan
Ø  Menyebutkan nilai-nilai positif dari taubat dalam fenomena kehidupan
Tes Lisan
Jawab singkat
Ø  Sebutkan nilai-nilai positif dari ikhlas dalam fenomena kehidupan?
Ø   Sebutkan nilai-nilai positif dari taat dalam fenomena kehidupan ?
Ø  Sebutkan nilai-nilai positif dari khauf dalam fenomena kehidupan ?
Ø  Sebutkan nilai-nilai positif dari taubat dalam fenomena kehidupan ?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *