RPP Kurikulum 2013 Aqidah Akhlak Mts Kelas VII Lengkap Bagus Revisi Pertemuan 1

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) sangat dibutuhkan oleh semua guru bidang studi termasuk guru bidang studi AQIDAH AKHLAK KELAS VII MTs sehingga RPP AQIDAH AKHLAK Kurikulum 2013 atau RPP AQIDAH AKHLAK K13 sangat dibutuhkan oleh banyak guru untuk menunjang aktivitas mereka belajar selama di dalam kelas. Maka untuk itu kami menyarankan untuk Anda Download RPP AQIDAH AKHLAK KURIKULUM 2013 LENGKAP DAN BAGUS karena akan membuat guru nyaman dan mengajar dan anak-anak akan mencapai hasil belajar yang maksimal sesuai yang diinginkan. RPP lengkap ini tersedia untuk Anda dan selamat mencontohnya.


 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Madrasah                     : MTsN
Mata Pelajaran            : Aqidah Akhlak
Kelas / Semester           : VII / 1
Alokasi Waktu             : 2 x 40 menit
A.    Standar Kompetensi   :  
1.         Memahami dasar dan tujuan akidah Islam. 
 
B.    Kompetensi Dasar      :
1.1.Menjelaskan dasar dan tujuan akidah Islam.
C.    Tujuan Pembelajaran   :
§  Dapat menyebutkan dasar–dasar akidah Islam
§  Dapat menjelaskan pengertian akidah Islam
§  Dapat menjelaskan tujuan akidah Islam
Karakter siswa yang diharapkan :
§  Religius, Cinta ilmu, gemar membaca, kreatif, disiplin, mandiri, ingin tahu, kerja sama
Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif : 
§  percaya diri, Berorientasi tugas dan hasil, Mampu mencari sumber belajar sendiri., Mendiskripsikan konsep dengan kata-kata sendiri.
D.    Materi Pembelajaran    :
§  Dasar–dasar akidah Islam
§  Pengertian akidah Islam
§  Tujuan akidah Islam
E.    Metode Pembelajaran :
§  Ceramah : metode ini digunakan untuk memulai kegiatan pembelajaran terutama untuk kegiatan awal.
§  Kerja kelompok : kegiatan ini digunakan untuk mengumpulkan informasi tentang pengertian najis, macam-macam najis, membuat bagian najis
§  Diskusi : metode ini digunakan untuk mendialogkan tema yang berkenaan dengan materi kegiatan pembelajaran
§  Pameran & Shopping : pajangan hasil diskusi/kerja kelompok dan saling mengomentari pajangan
F.     Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan
Waktu
Aspek life skill yang dikembangkan
Nilai yang ditanamkan
A.    Pendahuluan :
Apersepsi dan Motivasi :
§  Menanyakan kepada siswa tentang akidah Islam
§  Menjelaskan tujuan pembelajaran dan manfaatnya dalam kehidupan
v Kegiatan inti
§  Siswa beradu cepat memasangkan kalimat acak tentang pengertian, dasar, dan tujuan akidah Islam (eksplorasi)
§  Siswa membaca  berbagai sumber tentang dasar dan tujuan aqidah akhlak (Eksplorasi)
§  Siswa saling menilai hasil pemasangan berdasarkan apa yang telah dibaca tentang pengertian, dasar, dan tujuan akidah Islam (Elaborasi)
§  Siswa  bertanya jawab dengan guru tentang hal-hal yang masih belum jelas  (elaborasi)
§  Guru memberikan penguatan tentang kesimpulan pengertian,  dasar dan tujuan akidah Islam (Konfirmasi)
v Kegiatan penutup.
§  Guru melaksanakan penilaian lisan
§  Memberikan tugas pengayaan
10
50
5
10
5
v Pemahaman Konsep
§ Religius Cinta ilmu, gemar membaca, kreatif, disiplin, mandiri, ingin tahu, kerja sama
G.   Sumber Pembelajaran
§  Al-Qur’an surat Al-Baqarah ayat  kursi dan terjemahnya
§  Buku paket Aqidah Akhlaq kls VII
H.   Assessment/ Penilaian
Nilai  Budaya Dan Karakter Bangsa
Indikator Pencapaian
Jenis Penilaian
Bentuk Penilaian
 Instrumen
§ Cinta ilmu, gemar membaca, kreatif, disiplin, mandiri, ingin tahu, kerja sama
§  Siswa dapat  menye-butkan dasar–dasar akidah Islam
§  Siswa dapat menjelaskan pengertian akidah Islam
§  Siswa dapat menjelaskan tujuan akidah Islam
Tes tulis
Tes tulis
Tes Tulis
Jawab singkat
Uraian
Uraian
Ø   Sebutkan dasar–dasar akidah Islam ?
Ø   Jelaskan  pengertian akidah Islam ?
Ø   Jelaskan  tujuan akidah Islam ?
Kunci Jawaban :
1.     Yang menjadi dasar aqidah Islam adalah Al-Qur’an dan Hadits
2.     Aqidah Islam adalah  pokok-pokok kepercayaan yang harus diyakini kebenarannya oleh setiapmuslim dan memiliki prinsif-prinsif dasar yang harus dipegang teguh oleh penganutnya
3.     Adapun tujuan mempelajari aqidah Islam adalah
        Menumbuhkan dan membina dasar-dasar ketuhanan yang terdapat dalam jiwa manusia sejak lahir
        Meluruskan akidah-akidah yang telah diselewengkan
        Menghindarkan manusia dari kemusyrikan
        Membimbing akal pikiran agar tidak tersesa
PEDOMAN PENYEKORAN
Skor nomor 1                          = 1 x 20           = 20
Skor nomor 2 dan 3                = 2 x 40           = 80   
Total skor                                                        = 100
Nilai = Jumlah Perolehan Skor : Total skor x 100

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *