RPP Aqidah Akhlak MAN Kelas X Semester 1 Kurikulum 2013 Pertemuan 8

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) sangat dibutuhkan oleh semua guru bidang studi termasuk guru bidang studi AQIDAH AKHLAK sehingga RPP AQIDAH AKHLAK Kurikulum 2013 atau RPP AQIDAH AKHLAK K13 sangat dibutuhkan oleh banyak guru untuk menunjang aktivitas mereka belajar selama di dalam kelas. Maka untuk itu kami menyarankan untuk Anda Download RPP AQIDAH AKHLAK KURIKULUM 2013 LENGKAP DAN BAGUS karena akan membuat guru nyaman dan mengajar dan anak-anak akan mencapai hasil belajar yang maksimal sesuai yang diinginkan. RPP lengkap ini tersedia untuk Anda dan selamat mencontohnya!

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Nama Sekolah/Madrasah       : Sekolah
Mata Pelajaran                        : Aqidah Akhlak
Kelas/Smt                               : Sepuluh (X) / Ganjil
Materi Pokok                          : Kisah Teladan Nabi Yusuf a.s.
Alokasi Waktu                        : 2×45 Menit
A.    Kompetensi Inti (KI)
KI-1 :  menghayatidan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
KI-2: mengembangkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotongroyong , kerjasama, cinta damai. Responsip dan pro aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan social dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa
KI-3:  memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konsepteptual, procedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan dan peradaban terkait fenomena   kejadian memecahan serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
KI-4:  mengolah , menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri dan mampumenggunakan metode sesuai kaidah keilmuan
B. Kompetensi Dasar
1.8. :  Menghayati kisah keteladanan Nabi Yusuf a.s.
2.8. :  Meneladani sifat-sifat utama Nabi Yusuf a.s.
3.8. :  Menganalisis kisah keteladanan Nabi Yusuf a.s.
4.8. :  Menyajikan sinopsis kisah keteladanan Nabi Yusuf a.s.
C. Indikator Pembelajaran
1. Siswa dapat menghayati kisah keteladanan Nabi Yusuf a.s.
2. Siswa dapat meneladani sifat-sifat utama Nabi Yusuf a.s.
3. Siswa dapat menganalisis kisah keteladanan Nabi Yusuf a.s.
4. Siswa dapat menyajikan sinopsis kisah keteladanan Nabi Yusuf a.s.
D. Tujuan Pembelajaran
1.     Setelah mengamati, menanya, mengekplorasi, mengasosiasi dan  mengkomunikasikan, siswa dapat menganalisis kisah keteladanan Nabi Yusuf a.s.
2.     Setelah mengamati, menanya, mengekplorasi, mengasosiasi dan  mengkomunikasikan, siswa dapat menyajikan sinopsis kisah keteladanan Nabi Yusuf a.s.
E. Materi Pembelajaran (rincian dari Materi Pokok)
1.     Saudara-saudara Yusuf melakukan pertemuan rahasia
Saudara Yusuf iri kepada Yusuf dan adiknya Benyamin. Sehingga merencakan perbuatan jahat terhadap Yusuf, yaitu ingin menyingkirkan Yusuf dari kehidupan Nabi Ya’qub
2.     Nabi Yusuf bermimpi
3.     Yusuf dimasukkan ke dalam sumur
4.     Yusuf diangkat sebagai wakil raja Mesir
5.     Pertemuan Yusuf dengan saudara-saudaranya dan Ayahnya
6.     Ibrah atau pelajaran yang didapat dari kisah Nabi Yusuf a.s.
E.  Metode Pembelajaran (Rincian dari Kegiatan Pembelajaran)
1. Diskusi, membagi siswa dalam beberapa kelompok, menunjuk salah seorang  siswa menjadi moderator, seorang menjadi notulis dan seorang menjadi juru bicara. Setelah diskusi masing-masing kelompok mempresentasikan kesimpulan didepan kelas.
2. Tanya jawab, guru membagikan beberapa pertanyaan terkait dengan materi ajar, setiap bangku diberikan satu pertanyaaan untuk dijawab bersama teman sebangku, bagi mereka yang sudah selesai diberikan kesempatan untuk menyampaikan jawabanya didepan kelas.
3.  Resitasi: guru memberikan tugas mensinopsiskan kisah keteladanan Nabi Yusuf a.s.
F.   Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
    1.  Media
2.  Alat/Bahan
– Laptop, LCD,Proyektor, Slide
    3.  Sumber Belajar
  Buku Ajar siswa Akidah AkhlakKelas X
  Departemen Agama, Al-Qur’an dan terjemahannya
  Modul hasil karya Musyawarah Guru Akidah Akhlak
G.   Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Waktu
Pendahuluan
10’
1)     Mengajak semua siswa untuk berdoa yang dipimpin oleh salah satu siswa
2)     Menyapa kondisi kelas danmengkomunikasikan tentang kehadiran siswa serta kebersihan kelas
3)     Guru mengajak siswa tadarrus bersama surat-surat pendek atau ayat-ayat pilihan
4)     Guru menyampaikan tujuan belajar yang akan dipelajari
5)     Guru mengajak siswa untuk menentukan metode dan kontrak belajar
Kegiatan Inti
65’
1). Mengamati
Guru membagi kelas menjadi lima kelompok dan membagikanlima judul (ringkasan cerita) yang berbeda
Guru mempersilahkan siswa untuk mengamati kisah  sesuai dengan tema yang ditentukan dengan tujuan masing-masing kelompok dapat menyimpulkan
2)     Menanya
Siswa disilahkan bertanya pada teman lain atau bertanya secara langsung pada guru, terkait dengan materi pembelajaran.
3)  Mengeksplorasi/mengumpulkan data/mengeksperimen
Masing-masing kelompok membaca materi atau mencari materi di buku lain atau internet dan mendiskusikan isi materi yang sudah didapatkan
4)  Mengasosiasi
Siswa bersama anggota kelompoknya diminta untuk mengkaitkan materi yang didiskusikan dengan kehidupan sehari-hari dan menyimpulkanya
5)  Mengkomunikasikan
Setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusinya di depan kelas dan memajang hasil kesimpulan diskusi yang sudah diperbaiki di papan pajangan
Kegiatan Menutup
15’
1)     Siswa menyimpulkan hasil pembelajaran
2)      Guru memberikan penguatan materi ajar
3)      Guru memberikan tugas untuk mencari bahan bacaan sesuai materi ajar “metode peningkatan kualitas akidah”
4)      Guru bersama-sama siswa membaca doa penutup majlis
H.   Penilain
PEDOMAN OBSERVASI SIKAP SPIRITUAL
Petunjuk :
Lembaran ini diisi oleh guru untuk menilai sikap spiritual peserta didik. Berilah tanda cek (v) pada kolom skor sesuai sikap spiritual yang ditampilkan oleh peserta didik, dengan kriteria sebagai berikut :
            4 = selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan
            3 = sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan
                   kadang-kadang tidak melakukan
            2 = kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan
                   sering tidak melakukan
            1 = tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan
Nama Peserta Didik    : ………………….
Kelas                           : ………………….
Tanggal Pengamatan  : …………………..
Materi Pokok              : …………………..
No
Aspek Pengamatan
1
2
3
4
1
Berdoa sebelum dan sesudah melakukan sesuatu
2
Mengucapkan rasa syukur atas karunia Tuhan
3
Memberi salam sebelum dan sesudah presentasi
4
Menyatakan kekaguman atas kebesaran Tuhan
5
Merasakan kebesaran Tuhan saat belajar
Jumlah Skor
LEMBAR PENILAIAN DIRI
SIKAP JUJUR
Nama Peserta Didik    :           ………………….
Kelas                           :………………….
Materi Pokok              :………………….
Tanggal                       :………………….
PETUNJUK
        Bacalah pernyataan yang ada di dalam kolom dengan teliti
        berilah tanda cek (√)sesuai dengan kondisi dan keadaan  kalian sehari-hari
No
Pernyataan
TP
KD
SR
SL
1
Saya tidak menyontek pada saat mengerjakan ulangan
2
Saya menyalin karya orang lain dengan menyebutkan sumbernya
3
Saya melaporkan kepada yang berwenang jika menemukan barang
4
Saya berani mengakui kesalahan yang saya dilakukan
5
Saya mengerjakan soal ujian tanpa melihat jawaban teman yang lain
Keterangan :
      SL = Selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan  yang diberikan
      SR = Sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan yang diberikan
      KD = Kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan  sering tidak melakukan
      TP  = Tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan sesuai pernyataan
Lembar Penilaian Antarpeserta didik
Sikap Disiplin (PENILAIAN TEMAN SEJAWAT)
Petunjuk :
Berilah tanda cek (v) pada kolom skor sesuai sikap tanggung jawab yang ditampilkan oleh peserta didik, dengan kriteria sebagai berikut :
            4 = selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan
            3 = sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan
                   kadang-kadang tidak melakukan
            2 = kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan
                   sering tidak melakukan
            1 = tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan
Nama Peserta Didik yang dinilai       : ………………….
Kelas                                                   : ………………….
Tanggal Pengamatan                          : …………………..
Materi Pokok                                      : …………………..
No
Aspek Pengamatan
Skor
1
2
3
4
1
Masuk kelas tepat waktu
2
Mengumpulkan tugas tepat waktu
3
Memakai seragam sesuai tata tertib
4
Mengerjakan tugas yang diberikan
5
Tertib dalam mengikuti pembelajaran
6
Membawa buku teks sesuai mata pelajaran
Jumlah Skor
Petunjuk Penskoran :
Skor akhir menggunakan skala 1 sampai 4
Perhitungan skor akhir menggunakan rumus :
Contoh :  Skor diperoleh 20, skor tertinggi 4 x 6 pernyataan = 24, maka skor akhir :

X 4 = 3.33

 

14

24                                Peserta didik memperoleh nilai :
Sangat Baik     : apabila memperoleh skor  : 3.33  < skor < 4.00
Baik                : apabila memperoleh skor  : 2.33  < skor < 3.33
Cukup             : apabila memperoleh skor  : 1.33  < skor < 2.33
Kurang            : apabila memperoleh skor :  skor <1.33
LEMBAR PENILAIAN KOGNITIF
1.  Jelaskan pengertian iman menurut al-Qur’an surah al-Baqoroh ayat 1-5!
2. Jelaskan pengertian akidah Islam menurut pendapat ulama..?
3.  Terangkan ruang lingkup akidah Islamiyah…?
4.  Diskripsikan dengan penalaran tujuan akidah Islamiyah……?
5.  Jelaskan dengan contoh metode peningkatan akidah Islamiyah..?
LEMBAR PENILAIAN PRAKTIK (KETERAMPILAN)
Kelas: ……………………….
Nama: ……………………….
Topik: ……………………..
No
Materi Yang Harus Dikuasai
Aspek Penilaian
Catatan
Lancar
Fasih
Intonasi
Ekpresi
1
Menghafal Ayat Dasar Akidah
2
Menghafal Doa Sujud Syukur
3
Menghafal Doa Syukur Nikmat
4
Menghafal Doa Mau Belajar
5
Melafalkan Kalimat Tauhid
Jumlah Nilai
Pedoman penskoran :
        5 = sangat baik
        4 = baik
        3 = cukup
        2 = kurang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *