RPP Aqidah Akhlak MAN Kelas X Semester 1 Kurikulum 2013 Pertemuan 4

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) sangat dibutuhkan oleh semua guru bidang studi termasuk guru bidang studi AQIDAH AKHLAK sehingga RPP AQIDAH AKHLAK Kurikulum 2013 atau RPP AQIDAH AKHLAK K13 sangat dibutuhkan oleh banyak guru untuk menunjang aktivitas mereka belajar selama di dalam kelas. Maka untuk itu kami menyarankan untuk Anda Download RPP AQIDAH AKHLAK KURIKULUM 2013 LENGKAP DAN BAGUS karena akan membuat guru nyaman dan mengajar dan anak-anak akan mencapai hasil belajar yang maksimal sesuai yang diinginkan. RPP lengkap ini tersedia untuk Anda dan selamat mencontohnya!


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Nama Sekolah/Madrasah      : Sekolah
Mata Pelajaran                       : Aqidah akhlak
Kelas/Smt                              : Sepuluh (X) / Ganjil
Materi Pokok                         : Menghayati perilaku terpuji (iffah,syajaah dan ‘adalah)
Alokasi Waktu                       : 2×45 Menit
A.    Kompetensi Inti (KI)
KI-1 :  menghayatidan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
KI-2: mengembangkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotongroyong , kerjasama, cinta damai. Responsip dan pro aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan social dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa
KI-3:  memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konsepteptual, procedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan dan peradaban terkait fenomena   kejadian memecahan serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
KI-4:  mengolah , menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri dan mampumenggunakan metode sesuai kaidah keilmuan
B. Kompetensi Dasar
1.4. :  Menghayati nilai akhlak terpuji(hikmah,iffah,syajaah dan ‘ adalah )
2.4. :  Membiasakan perilaku terpuji iffah,syajaah dan ‘adalah
3.4. :  Memahami perilaku terpuji iffah,syaja’ah dan ‘adalah
4.4. :  Mempraktekan dari iffah,syaja’ah dan ‘adalah
C. Indikator Pembelajaran
1. Siswa dapat menghayati akhlak terpuji(hikmah,iffah,syajaah dan ‘ adalah )
2. Siswa dapat membiasakan perilaku terpuji iffah,syaja’ah dan ‘addah
3. Siswa dapat memahami perilaku terpuji iffah,syajaah dan ‘addah
4. Siswa dapat mempraktekan perilaku terpuji iffah,syaja’ah dan ‘addah
D. Tujuan Pembelajaran
1.     Setelah mengamati, menanya, mengekplorasi, mengasosiasi dan  mengkomunikasikan, siswa dapat merumuskan  pengertian iffah,syaja’ah dan ‘addah
2.     Setelah mengamati, menanya, mengekplorasi, mengasosiasi dan  mengkomunikasikan, siswa dapat melakukan perilaku terpuji iffah,syaja’ah dan ‘addah
E. Materi Pembelajaran (rincian dari Materi Pokok)
F.  Metode Pembelajaran (Rincian dari Kegiatan Pembelajaran)
1.  Diskusi,membagi siswa dalam beberapa kelompok, menunjuk salah seorang  siswa menjadi moderator, seorang menjadi notulis dan seorang menjadi juru bicara. Setelah diskusi masing-masing kelompok mempresentasikan kesimpulan didepan kelas.
2.  Tanya jawab, guru membagikan beberapa pertanyaan terkait dengan materi ajar, setiap bangku diberikan tiga pertanyaaan untuk dijawab bersama teman sebangku, bagi mereka yang sudah selesai diberikan kesempatan untuk menyampaikan jawabanya didepan kelas.
3.  Resitasi: guru memberikan tugas mandiri kepada seluruh siswa untuk mengakses internet dirumah, mencari bahan bacaan tentang perilaku terpuji iffah,syaja’ah dan ‘addah.
G. Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
    1.  Media
Gambar tentang perilaku terpuji iffah,syaja’ah dan ‘adalah
2.  Alat/Bahan
– Laptop, LCD Proyektor, Slide
    3.  Sumber Belajar
  Buku Ajar siswa Akidah AkhlakKelas X
  Modul hasil karya Musyawarah Guru Akidah Akhlak
H.   Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Waktu
Pendahuluan
10’
1)     Mengajak semua siswa untuk berdoa yang dipimpin oleh salah satu siswa
2)     Menyapa kondisi kelas danmengkomunikasikan tentang kehadiran siswa serta kebersihan kelas
3)     Guru mengajak siswa tadarrus bersama surat-surat pendek atau ayat-ayat pilihan
4)     Guru menyampaikan tujuan belajar yang akan dipelajari
5)     Guru mengajak siswa untuk menentukan metode dan kontrak belajar
Kegiatan Inti
65’
1). Mengamati
Guru membagi kelas menjadi tiga kelompok dan membagikan tiga gambar yang berbeda
Guru mempersilahkan siswa untuk mengamati gambar  sesuai dengan tema yang ditentukan dengan tujuan masing-masing kelompok dapat menyimpulkan
2)     Menanya
Siswa disilahkan bertanya pada teman lain atau bertanya secara langsung pada guru, terkait dengan gambar ataupun materi pembelajaran.
3)  Mengeksplorasi/mengumpulkan data/mengeksperimen
Masing-masing kelompok membaca materi atau mencari materi di buku lain atau internet dan mendiskusikan isi materi yang sudah didapatkan
4)  Mengasosiasi
Siswa bersama anggota kelompoknya diminta untuk mengkaitkan materi yang didiskusikan dengan kehidupan sehari-hari dan emnyimpulkanya
5)  Mengkomunikasikan
Setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusinya didepan kelas dan memajang hasil kesimpulan diskusi yang sudah diperbaiki di papan pajangan
Kegiatan Menutup
15’
1)     Siswa menyimpulkan hasil pembelajaran
2)      Guru memberikan penguatan materi ajar
3)      Guru memberikan tugas untuk mencari bahan bacaan sesuai materi ajar “perilaku terpuji iffah,syajaah dan ‘adalah”
4)      Guru bersama-sama siswa membaca doa penutup majlis
PEDOMAN OBSERVASI SIKAP SPIRITUAL
Petunjuk :
Lembaran ini diisi oleh guru untuk menilai sikap spiritual peserta didik. Berilah tanda cek (v) pada kolom skor sesuai sikap spiritual yang ditampilkan oleh peserta didik, dengan kriteria sebagai berikut :
            4 = selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan
            3 = sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan
                   kadang-kadang tidak melakukan
            2 = kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan
                   sering tidak melakukan
            1 = tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan
Nama Peserta Didik    : ………………….
Kelas                           : ………………….
Tanggal Pengamatan  : …………………..
Materi Pokok              : …………………..
No
Aspek Pengamatan
1
2
3
4
1
Suka memberi sedekah pada orang yang membutuhkan
2
Mengucapkan rasa syukur atas karunia Tuhan
3
Menegakan kebenaran dan keadilan
4
Menyatakan kekaguman atas kebesaran Tuhan
5
 Menempatkan sesuatu pada tempatnya
Jumlah Skor
LEMBAR PENILAIAN DIRI
SIKAP JUJUR
Nama Peserta Didik    :………………….
Kelas                           :………………….
Materi Pokok              :………………….
Tanggal                       :………………….
PETUNJUK
        Bacalah pernyataan yang ada di dalam kolom dengan teliti
        berilah tanda cek (√)sesuai dengan kondisi dan keadaan  kalian sehari-hari
No
Pernyataan
TP
KD
SR
SL
1
Saya tidak meminta-minta kepada orang lain
2
Saya berani kepada siapapun demi kebaikan
3
Saya tidak membeda-bedakan kepada siapapun
4
Saya berani mengakui kesalahan yang saya dilakukan
5
Saya tidak akan berlaku curang
Keterangan :
      SL = Selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan  yang diberikan
      SR = Sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan yang diberikan
      KD = Kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan  sering tidak melakukan
      TP  = Tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan sesuai pernyataan
Lembar Penilaian Antarpeserta didik
Sikap Disiplin (PENILAIAN TEMAN SEJAWAT)
Petunjuk :
Berilah tanda cek (v) pada kolom skor sesuai sikap tanggung jawab yang ditampilkan oleh peserta didik, dengan kriteria sebagai berikut :
            4 = selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan
            3 = sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan
                   kadang-kadang tidak melakukan
            2 = kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan
                   sering tidak melakukan
            1 = tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan
Nama Peserta Didik yang dinilai       : ………………….
Kelas                                                   : ………………….
Tanggal Pengamatan                          : …………………..
Materi Pokok                                      : …………………..
No
Aspek Pengamatan
Skor
1
2
3
4
1
Masuk kelas tepat waktu
2
Mengumpulkan tugas tepat waktu
3
Memakai seragam sesuai tata tertib
4
Mengerjakan tugas yang diberikan
5
Tertib dalam mengikuti pembelajaran
6
Membawa buku teks sesuai mata pelajaran
Jumlah Skor
Petunjuk Penskoran :
Skor akhir menggunakan skala 1 sampai 4
Perhitungan skor akhir menggunakan rumus :
Contoh :  Skor diperoleh 20, skor tertinggi 4 x 6 pernyataan = 24, maka skor akhir :

X 4 = 3.33

 

14

24                                Peserta didik memperoleh nilai :
Sangat Baik     : apabila memperoleh skor  : 3.33  < skor < 4.00
Baik                : apabila memperoleh skor  : 2.33  < skor < 3.33
Cukup             : apabila memperoleh skor  : 1.33  < skor < 2.33
Kurang            : apabila memperoleh skor :  skor <1.33
LEMBAR PENILAIAN KOGNITIF
1.  Jelaskan pengertian iffah,syaja’ah dan ‘adalah
2. Jelaskan faktor yang mempengaruhi sifat iffah,syaja’ah dan ‘adalah
3.  Terangkan nilai positif iffah,syaja’ah dan ‘adalah
4.  Diskripsikan dengan penalaran tujuan iffah,syaja’ah dan ‘adalah
5.  Jelaskan dengan contoh iffah,syaja’ah dan ‘adalah
LEMBAR PENILAIAN PRAKTIK (KETERAMPILAN)
Kelas: ……………………….
Nama: ……………………….
Topik: ……………………..
No
Materi Yang Harus Dikuasai
Aspek Penilaian
Catatan
kesopanan
ketulusan
kepribadian
kejujuran
1
Menghafal dalil tentang iffah
2
Kesopanan dalam mengingatkan orang lain
3
Tidak pilih kasih
4
Tidak ada rasa takut kepada siapa saja
5
Melafalkan dalil tentang syaja’
Jumlah Nilai
Pedoman penskoran :
        5 = sangat baik
        4 = baik
        3 = cukup

2 = kurang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *