RPP Aqidah Akhlak MAN Kelas X Semester 1 Kurikulum 2013 Pertemuan 13

 Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) sangat dibutuhkan oleh semua guru bidang studi termasuk guru bidang studi AQIDAH AKHLAK sehingga RPP AQIDAH AKHLAK Kurikulum 2013 atau RPP AQIDAH AKHLAK K13 sangat dibutuhkan oleh banyak guru untuk menunjang aktivitas mereka belajar selama di dalam kelas. Maka untuk itu kami menyarankan untuk Anda Download RPP AQIDAH AKHLAK KURIKULUM 2013 LENGKAP DAN BAGUS karena akan membuat guru nyaman dan mengajar dan anak-anak akan mencapai hasil belajar yang maksimal sesuai yang diinginkan. RPP lengkap ini tersedia untuk Anda dan selamat mencontohnya!

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Nama Sekolah/Madrasah      : Sekolah
Mata Pelajaran                       : AkidahAkhlak
Kelas/Smt                              : Sepuluh (X) / Genap
Materi Pokok                         :  Akhlak dalam Membesuk Orang Sakit
Alokasi Waktu                       : 2×45 Menit
A.    Kompetensi Inti (KI)
KI-1     :Menghayati dan mengamalkan  ajaran agama yang dianutnya
KI-2     :Menghayati dan mengamalkan  perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja  sama, toleran, damai) santun,  responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
KI-3     : Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, tehnologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
KI-4     : Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.
B. Kompetensi Dasar
1.5. Menghayati akhlak (adab) yang baik ketika membesuk orang sakit
2.5. Membiasakan akhlak (adab) yang baik ketika membesuk orang sakit
3.5. Memamhami  adab islami ketika membesuk orang sakit
4.5. Mempraktikkan contoh akhlak (adab) yang baik ketika membesuk orang sakit
C. Indikator Pembelajaran
1.     Menjelaskan adab menjenguk orang sakit
2.     Mempraktikkan tata cara menjenguk orang sakit
3.     Menghafal do’a ketika menjenguk orang sakit
4.     Menjelaskan hikmah menjenguk orang sakit
D. Tujuan Pembelajaran
1.     Setelah mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengasosiasi dan mengkomunikasikan peserta didik dapatmenjelaskan adab menjenguk orang sakit, mempraktikkan tata cara menjenguk orang sakit.
2.     Setelah mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengasosiasi dan mengkomunikasikan peserta didikdapat menghafal do’a ketika menjenguk orang sakit dan menjelaskan hikmah menjenguk orang sakit
E. Materi Pembelajaran (rincian dari Materi Pokok)
1.     ADAB MENJENGUK ORANG SAKIT
  1. Memberi salam sambil mengulurkan tangan dengan ramah dan lemah lembut dengan maksud menengok dan ikut serta mendoakan yang sakit, karena salam pada hakikatnya adalah do’a.
  2. Mengajukan pertanyaan-pertanyaan kecil kepada penderita, misalnya:
a.    bagaimana keadaan sakitnya ? sudah banyak kemajuan ?
b.   apa yang dikeluhkan (apa sakitnya) ?
c.    sudahberapa lama menderitaataudirawat?.
  1. Memberi bimbingan keagamaan atau nasehat kepada si penderita antara lain:
a.    Sakit ini adalah cobaan atau ujian dari Allah Swt.. sehingga harus kita terima dengan rida, ikhlas serta dihadapi dengan sabar dan tabah Insya Allah akan sembuh.
b.   Selain berobat kepada dokter jangan lupa berdo’a kepada Allah Swt.., terutama setiap minum obat, jangan lupa membaca do’a dan basmalah.
c.    Salat lima waktu jangan ditinggalkan kerjakan menurut kemampuan yang ada
d.   Perbanyak dzikir dan beristighfar kepada Allah Swt..
e.    Janganlah jengkel, jangan kesal, jangan buruk sangka kepada  Allah, usahakan untuk senantiasa taqarrub (mendekatkan diri) kepada  Allah. Dan sangat baik jika bisa banyak membaca ayat-ayat Al-Qur’anAl-Qur’an atau menyebut-nyenbut asmaul husna.
2. HIKMAH SAKIT
Tidak ada yang menginginkan musibah sakit sebab jika sakit segala aktifitas hidup manusia akan terganggu, namun apabila  Allah menghendaki manusia untuk sakit, maka tak seorangpun yang dapat menolaknya. Adapun hikmah dari sakit antara lain:
  1. Memupuk jiwa sabar dan tawakkal
  2. Menguatkan atau memperkokoh iman seseorang
  3. Merasakan dan menyadaribetapanikmatnyaanugerahsehat
  4. Memperoleh pahala yang berlipat ganda
1.     Allah akan mengurangi atau mengampuni dosa si sakit
E. Metode Pembelajaran (Rincian dari Kegiatan Pembelajaran)
1.  Diskusi,membagi siswa dalam beberapa kelompok, menunjuk salah seorang  siswa menjadi moderator, seorang menjadi notulis dan seorang menjadi juru bicara. Setelah diskusi masing-masing kelompok mempresentasikan kesimpulan didepan kelas.
2.  Tanya jawab, guru membagikan beberapa pertanyaan terkait dengan materi ajar, setiap bangku diberikan tiga pertanyaaan untuk dijawab bersama teman sebangku, bagi mereka yang sudah selesai diberikan kesempatan untuk menyampaikan jawabanya didepan kelas.
3.  Resitasi: guru memberikan tugas mandiri kepada seluruh siswa untuk mengakses internet dirumah, mencari bahan bacaan tentang akhlak menjenguk orang sakit, kemudian meresume dan memberikan komentar seperlunya.
F. Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
    1.  Media
Gambar tentang menjenguk orang sakit
2.  Alat/Bahan
– Laptop, LCD Proyektor, Slide
    3.  Sumber Belajar
– Buku Ajar siswa Akidah AkhlakKelas X
  Departemen Agama, Al-Qur’an dan terjemahannya
  ModulhasilkaryaMusyawarah Guru AkidahAkhlak
G. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Waktu
Pendahuluan
10’
1)     Mengajak semua siswa untuk berdoa yang dipimpin oleh salah satu siswa
2)     Menyapa kondisi kelas danmengkomunikasikan tentang kehadiran siswa serta kebersihan kelas
3)     Guru mengajak siswa tadarrus bersama surat-surat pendek atau ayat-ayat pilihan
4)     Guru menyampaikan tujuan belajar yang akan dipelajari
5)     Guru mengajak siswa untuk menentukan metode dan kontrak belajar
Kegiatan Inti
65’
1). Mengamati
Guru membagi kelas menjadi empat kelompok dan membagikanempatgambar yang berbeda
Guru mempersilahkan siswa untuk mengamati gambar  sesuai dengan tema yang ditentukan dengan tujuan masing-masing kelompok dapat menyimpulkan
2)     Menanya
Siswa disilahkan bertanya pada teman lain atau bertanya secara langsung pada guru, terkait dengan gambar ataupun materi pembelajaran.
3)  Mengeksplorasi/mengumpulkan data/mengeksperimen
Masing-masing kelompok membaca materi atau mencari materi di buku lain atau internet dan mendiskusikan isi materi yang sudah didapatkan
4)  Mengasosiasi
Siswa bersama anggota kelompoknya diminta untuk mengkaitkan materi yang didiskusikan dengan kehidupan sehari-hari dan emnyimpulkanya
5)  Mengkomunikasikan
Setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusinya didepan kelas dan memajang hasil kesimpulan diskusi yang sudah diperbaiki di papan pajangan
Kegiatan Menutup
15’
1)     Siswa menyimpulkan hasil pembelajaran
2)      Guru memberikan penguatan materi ajar
3)      Guru memberikan tugas untuk mencari bahan bacaan sesuai materi ajar  “akhlak menjenguk orang sakit”
4)      Guru bersama-sama siswa membaca doa penutup majlis
PEDOMAN OBSERVASI SIKAP SPIRITUAL
Petunjuk :
Lembaraninidiisioleh guru untukmenilaisikap spiritual pesertadidik.Berilahtandacek (v) padakolomskorsesuaisikap spiritual yang ditampilkanolehpesertadidik, dengankriteriasebagaiberikut :
4 = selalu, apabilaselalumelakukansesuaipernyataan
3 = sering, apabilaseringmelakukansesuaipernyataandan     kadang-kadangtidakmelakukan
2 = kadang-kadang, apabilakadang-kadangmelakukandan
Seringtidakmelakukan
1 = tidakpernah, apabilatidakpernahmelakukan
Nama Peserta Didik    : ………………….
Kelas                           : ………………….
TanggalPengamatan   : …………………..
MateriPokok               : …………………..
No
AspekPengamatan
Skor
1
2
3
4
1
Berdoa sebelum dan sesudah melakukan sesuatu
2
Mengucapkan rasa syukur atas karunia Tuhan
3
Memberi salam sebelum dan sesudah presentasi
4
Menyatakan kekaguman atas kebesaran Tuhan
5
MerasakankebesaranTuhansaatbelajar
JumlahSkor
LEMBAR PENILAIAN DIRI
Nama Peserta Didik    :………………….
Kelas                           :………………….
Materi Pokok              : Akhlak menjenguk orang sakit
Tanggal                       :………………….
PETUNJUK
        Bacalahpernyataan yang ada di dalamkolomdenganteliti
        berilahtandacek (√)sesuaidengankondisidankeadaan  kalian sehari-hari
No
Pernyataan
TP
KD
SR
SL
1
Sayamenjenguk orang sakit
2
Sayamendoakan orang sakit agar diberikesembuhanoleh Allah SWT.
3
Sayamembantu orang sakit
Jumlah skor
Keterangan :
      SL = Selalu, apabila selalumelakukansesuaipernyataan yang diberikan
      SR = Sering, apabila seringmelakukansesuaipernyataan yang diberikan
      KD = Kadang-kadang, apabilakadang-kadang melakukandanseringtidakmelakukan
      TP  = Tidak pernah, apabila tidak pernahmelakukansesuaipernyataan
Lembar Penilaian Antarpeserta didik
Sikap Disiplin(PENILAIAN TEMAN SEJAWAT)
Petunjuk :
Berilahtandacek (v) padakolomskorsesuaisikaptanggungjawab yang ditampilkanolehpesertadidik, dengankriteriasebagaiberikut :
4 = selalu, apabilaselalumelakukansesuaipernyataan
3 = sering, apabilaseringmelakukansesuaipernyataandankadang-kadangtidakmelakukan
2 = kadang-kadang, apabilakadang-kadangmelakukandanSeringtidakmelakukan
1 = tidakpernah, apabilatidakpernahmelakukan
NamaPesertaDidik yang dinilai         : ………………….
Kelas                                                   : ………………….
TanggalPengamatan                           : …………………..
MateriPokok                                       : …………………..
No
AspekPengamatan
Skor
1
2
3
4
1
Masukkelastepatwaktu
2
Mengumpulkantugastepatwaktu
3
Memakaiseragamsesuaitatatertib
4
Mengerjakantugas yang diberikan
5
Tertibdalammengikutipembelajaran
6
Membawabukutekssesuaimatapelajaran
JumlahSkor
PetunjukPenskoran :
Skor akhir menggunakan skala 1 sampai 4
Perhitungan skor akhir menggunakan rumus :
Contoh :Skor di peroleh20, skor tertinggi 4 x 6 pernyataan = 24, makaskorakhir :

X 4 = 3.33

 

14

24                                Peserta didik memperoleh nilai :
SangatBaik     : apabila memperoleh skor  : 3.33  <skor< 4.00
Baik                : apabila memperoleh skor  : 2.33  <skor< 3.33
Cukup             : apabila memperoleh skor  : 1.33  <skor< 2.33
Kurang                        : apabila memperoleh skor :skor< 1.33
LEMBAR PENILAIAN KOGNITIF
1.  Mengapa kita harus menjenguk orang sakit?
2.  Apa hikmah sakit bagi si penderita?
3.  Jelaskan apa manfaat membesuk orang sakit bagi si sakit!
4.  Jelaskan pula apa manfaat membesuk orang sakit bagi pembesukt!
5.  Jelaskan hal apa saja yang harus kita lakukan terhadap orang yang sakit parah
LEMBAR PENILAIAN PRAKTIK (KETERAMPILAN)
Kelas: ……………………….
Nama: ……………………….
Topik: ……………………..
No
Materi Yang HarusDikuasai
Aspek Penilaian
Catatan
Lancar
Fasih
Intonasi
1
Menghafal hadits nabi dalam menjenguk orang sakit
2
Menghafal doa menjenguk orang sakit
Jumlah Nilai
Pedomanpenskoran:
        5 = sangatbaik
        4 = baik
        3 = cukup
        2 = kurang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *