RPP Aqidah Akhlak MAN Kelas X Semester 1 Kurikulum 2013 Pertemuan 11

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) sangat dibutuhkan oleh semua guru bidang studi termasuk guru bidang studi AQIDAH AKHLAK sehingga RPP AQIDAH AKHLAK Kurikulum 2013 atau RPP AQIDAH AKHLAK K13 sangat dibutuhkan oleh banyak guru untuk menunjang aktivitas mereka belajar selama di dalam kelas. Maka untuk itu kami menyarankan untuk Anda Download RPP AQIDAH AKHLAK KURIKULUM 2013 LENGKAP DAN BAGUS karena akan membuat guru nyaman dan mengajar dan anak-anak akan mencapai hasil belajar yang maksimal sesuai yang diinginkan. RPP lengkap ini tersedia untuk Anda dan selamat mencontohnya!

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Nama Sekolah/Madrasah      : Sekolah
Mata Pelajaran                       : Akidah Akhlak
Kelas/Smt                              : Sepuluh (X) / Genap
Materi Pokok                         :  Husnuzzan, raja‘,  dan tobat
Alokasi Waktu                        : 2×45 Menit
A. Kompetensi Inti (KI)
KI-1.  Menghayati dan mengamalkan  ajaran agama yang dianutnya
KI-2.    Menghayati dan mengamalkan  perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai) santun,  responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
KI-3.    Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, tehnologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
KI-4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan
B. Kompetensi Dasar
1.3. Menghayati perilaku husnuzzan, raja‘,  dan tobat
2.3. Terbiasa berperilaku pusnuzzan, raja‘,  dan tobat
3.3. Memahami pengertian dan pentingnya memiliki akhlak husnuzzan, raja‘,  dan tobat
4.3. Melafalkan doa-doa tobat dari Al-Qur’an dan hadis
C. Indikator Pembelajaran
1.   Menjelaskan pengertian husnuzh-zhan, ar Raja’  dan tobat
2.   Menjelaskan ciri-ciri sifat husnuzh-zhan, ar Raja’  
3.   Menyebutkan syarat-syarat tobat
4.   Melafalkan dan menghafal do’a-do’a taubat dari Al Qur’an dan Al Hadits
5.   Mengemukakan keutamaan dan manfaat dari husnuzh-zhan, ar Raja’  dan tobat
D. Tujuan Pembelajaran
1.     Setelah mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengasosiasi dan mengkomunikasikan peserta didik dapat menjelaskan pengertian husnuzh-zhan, ar Raja’  dan tobat sertaciri-ciri sifat husnuzh-zhan, ar Raja’ ,
2.     menyebutkan syarat-syarat tobat, melafalkan dan menghafal do’a-do’a taubat dari Al Qur’an dan Al Hadits dan mengemukakan keutamaan dan manfaat dari husnuzh-zhan, ar Raja’  dan tobat.
E. Materi Pembelajaran (rincian dari Materi Pokok)
1. Husnuzzan
a.   Pengertian
Husnuzzan berarti berbaik sangka atau kata lain tidak cepat-cepat berburuk sangka sebelum perkaranya menjadi jelas. Dalam kehidupan sehari-hari manusia akan berinteraksi dengan sesamanya dalam suatu pergaulan. Hal itu disebabkan manusia adalah makhluk sosial yang saling membutuhkan suatu pergaulan yang harmonis perlu dipupuk sikap berbaik sangka antara sesama manusia.
b.   Bentuk-Bentuk Husnuzzan
1) Husnuzzan Kepada Allah Swt..
2).Husnuzzan Kepada Sesama
3).Husnuzzan Kepada Diri Sendiri
c.   Larangan Su’uzzan
Sebaliknya kadang kala secara tidak sadar manusia berprasangka yang tidak baik terhadap  Allah atau terhadap orang lain. Sikap su’uzzan adalah sikap tercela yang harus dihilangkan dari jiwa manusia. Tidak diperbolehkan suudz-dzan kepada siapa saja, apalagi su’uzzan terhadap Allah Swt..
d. Hikmah dan Keuatamaan Husnuzzan
1.     Husnuzzan akan mendatangkan ketentraman lahir batin
2.     Menunjukkan bahwa ia telah memiliki jiwa yang takwa, sabar dan tawakkal
3.     Senantiasa dicintai  Allah karena ia senantiasa menerima ketentuan Allah.
4.     Senantiasa dicintai oleh sesama, karena orang lain merasa tidak dirugikan
5.     Menjauhkan dari keluh kesah, iri, dengki, memfitnah dan sebagainya
2.   Raja’
a. Pengertian Raja’
Makna rajā’ adalah menginginkan atau menantikan sesuatu yang disenangi.  Menginginkan kebaikan yang ada di sisi  Allah berupa keutamaan, ihsan dan kebaikan dunia akhirat. Raja’ adalah sikap mengharap rida, rahmat, dan pertolongan Allah Swt.. serta yakin hal itu dapat diraih.
b. Ciri-Ciri sifat Raja’
1.     Optimis
2.     Dinamis
c.  Cara Membiasakan Sifat Raja’
1)   Selalu berpegang teguh kepada tali agama  Allah yaitu agama Islam,
2)   Selalu berharap kepada Allah, agar selalu diberikan kesuksesan
3)   Selalu merasa takut kepada ancaman dan siksaan  Allah di hari akhirat kelak,
4)   Selalu cinta (mahabbah) kepada  Allah dalam beragam ssituasi dan keadaan.
5)   Yakin bahwa rahmat Allah sangat dekat dengan orang yang berbuat baik
3. Tobat
a.   Pengertian Tobat
Tobat berarti memohon ampunan kepada Allah Swt.. atas segala dosa dan kesalahan. Tobat merupakan bentuk pengakuan atas segala kesalahan dan pernyataan menyesal atas dosa-dosa yang telah dilakukan.
c.   Syarat Tobat
Ada beberapa syarat yang harus dipenuhi oleh orang yang bertobat agar tobatnya diterima Allah Swt..  syarat-syarat itu adalah sebagai berikut.
1)      tobat yang dilakukan seketika itu juga
2)     jika ada hak orang lain yang harus diselesaikan terlebih dahulu
3)     tobat hendaknya merupakan tobat nasuha, yaitu benar-benar menyesal atas kesalahan yang diperbuat dan bertekad tidak akan mengulangi lagi.
4)     mengakui dan menyadari bahwa dirinya sangat membutuhkan magfirah atau ampunan Allah Swt..
5)     mengganti kesalahan dengan kebaikan.
d.   Hikmah dan Keutamaan Tobat
1)     Orang yang bertobat akan sadar bahwa ia tidak sempurna dan bisa berbuat kesalahan, karena itu bisa menimbulkan sikap hati-hati dan tidak gegabah.
2)     Orang yang bertobat tidak mudah melakukan kesalahan lagi, karena sudah tertanam dalam hatinya penyesalan.
3)     Orang yang bertobat hidupnya akan dipenuhi dengan optimisme yang besar akan masa depan hidup yang akan dijalaninya.
4)     Orang yang bertobat memiliki kesempatan besar untuk mendapatkan surga
5)     Orang yang bertobat akan mendapat rahmat dari Allah Swt..
6)     Orang yang bertobat akan bersih jiwanya dari dosa dan sifat buruk
7)     Orang yang bertobat akan terhindar dari azab Allah Swt..
E.  Metode Pembelajaran (Rincian dari Kegiatan Pembelajaran)
1.  Diskusi,membagi siswa dalam beberapa kelompok, menunjuk salah seorang  siswa menjadi moderator, seorang menjadi notulis dan seorang menjadi juru bicara. Setelah diskusi masing-masing kelompok mempresentasikan kesimpulan didepan kelas.
2.    Tanya jawab, guru membagikan beberapa pertanyaan terkait dengan materi ajar, setiap bangku diberikan tiga pertanyaaan untuk dijawab bersama teman sebangku, bagi mereka yang sudah selesai diberikan kesempatan untuk menyampaikan jawabanya di depan kelas.
3.  Resitasi: guru memberikan tugas mandiri kepada seluruh siswa untuk mengakses internet di rumah, mencari bahan bacaan tentang husnuzzan, raja‘,  dan  tobat . serta doa-doa tobat dari Al-Qur’an dan hadis.
 F. Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
    1.  Media
Menayangkan film tentang husnuzzan, raja‘,  dan  tobat.
2.  Alat/Bahan
– Laptop, LCD Proyektor, Slide
    3.  Sumber Belajar
  Buku Ajar siswa Akidah AkhlakKelas X
  Departemen Agama, Al-Qur’an dan terjemahannya
  Modul hasil karya Musyawarah Guru Akidah Akhlak
G.   Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Waktu
Pendahuluan
10’
1.    Guru mengucapkan salam dan berdoa bersama.
2.   Guru memeriksa kehadiran, kerapian berpakaian, posisi tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
3.      Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
4.      Guru mengajukan pertanyaan secara komunikatif materi sebelumnya dan mengaitkan dengan akhlak terpuji (husnuzzan, raja’ dan tobat)
5.      Media/alat peraga/alat bantu dapat juga menggunakan multimedia berbasis ICT atau media lainnya.
6.      Untuk menguasai kompetensi ini menggunakan salah satu model pembelajaran yang cocok.
Kegiatan Inti
65’
1). Mengamati
Guru menayangkan film tentang orang yang berprilaku husnuzzan, raja‘,  dan  tobat.. Guru mempersilahkan siswa untuk mengamati film tentang orang yang berprilaku husnuzzan, raja‘,  dan  tobat sehingga masing-masing kelompok dapat menyimpulkan
2)  Menanya
Siswa disilahkan bertanya pada teman lain atau bertanya secara langsung pada guru, terkait dengan film yang menggambarkan prilaku orang husnuzzan, raja‘,  dan  tobat..
3)  Mengeksplorasi/mengumpulkan data/mengeksperimen
Masing-masing kelompok membaca materi atau mencari materi di buku lain atau internet dan mendiskusikan isi materi yang sudah didapatkan
4)  Mengasosiasi
Siswa bersama anggota kelompoknya diminta untuk mengkaitkan materi yang didiskusikan dengan kehidupan sehari-hari dan menyimpulkanya
5)  Mengkomunikasikan
Setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusinya didepan kelas dan memajang hasil kesimpulan diskusi yang sudah diperbaiki di papan pajangan
Kegiatan Menutup
15’
1)     Siswa menyimpulkan hasil pembelajaran
2)      Guru memberikan penguatan materi ajar
3)      Guru memberikan tugas untuk mencari bahan bacaan sesuai materi ajar “ husnuzzan, raja‘,  dan  tobat
4)      Guru bersama-sama siswa membaca doa penutup majlis
PEDOMAN OBSERVASI SIKAP SPIRITUAL
Petunjuk :
Lembaran ini diisi oleh guru untuk menilai sikap spiritual peserta didik. Berilah tanda cek (v) pada kolom skor sesuai sikap spiritual yang ditampilkan oleh peserta didik, dengan kriteria sebagai berikut :
            4 = selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan
            3 = sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan
                   kadang-kadang tidak melakukan
            2 = kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan
                   sering tidak melakukan
            1 = tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan
Nama Peserta Didik    : ………………….
Kelas                           : ………………….
Tanggal Pengamatan  : …………………..
Materi Pokok              : …………………..
No
Aspek Pengamatan
Skor
1
2
3
4
1
Berdoa sebelum dan sesudah melakukan sesuatu
2
Mengucapkan rasa syukur atas karunia Tuhan
3
Memberi salam sebelum dan sesudah presentasi
4
Menyatakan kekaguman atas kebesaran Tuhan
5
Merasakan kebesaran Tuhan saat belajar
Jumlah Skor
LEMBAR PENILAIAN DIRI
SIKAP JUJUR
Nama Peserta Didik    :           ………………….
Kelas                           :………………….
Materi Pokok              :………………….
Tanggal                       :………………….
PETUNJUK
        Bacalah pernyataan yang ada di dalam kolom dengan teliti
        berilah tanda cek (√)sesuai dengan kondisi dan keadaan  kalian sehari-hari
No
Pernyataan
TP
KD
SR
SL
1
Saya tidak menyontek pada saat mengerjakan ulangan
2
Saya menyalin karya orang lain dengan menyebutkan sumbernya
3
Saya melaporkan kepada yang berwenang jika menemukan barang
4
Saya berani mengakui kesalahan yang saya dilakukan
5
Saya mengerjakan soal ujian tanpa melihat jawaban teman yang lain
Keterangan :
      SL = Selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan  yang diberikan
      SR = Sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan yang diberikan
      KD = Kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan  sering tidak melakukan
      TP  = Tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan sesuai pernyataan
Lembar Penilaian Antarpeserta didik
Sikap Disiplin (PENILAIAN TEMAN SEJAWAT)
Petunjuk :
Berilah tanda cek (v) pada kolom skor sesuai sikap tanggung jawab yang ditampilkan oleh peserta didik, dengan kriteria sebagai berikut :
            4 = selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan
            3 = sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan
                   kadang-kadang tidak melakukan
            2 = kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan
                   sering tidak melakukan
            1 = tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan
Nama Peserta Didik yang dinilai       : ………………….
Kelas                                                   : ………………….
Tanggal Pengamatan                          : …………………..
Materi Pokok                                      : …………………..
No
Aspek Pengamatan
Skor
1
2
3
4
1
Masuk kelas tepat waktu
2
Mengumpulkan tugas tepat waktu
3
Memakai seragam sesuai tata tertib
4
Mengerjakan tugas yang diberikan
5
Tertib dalam mengikuti pembelajaran
6
Membawa buku teks sesuai mata pelajaran
Jumlah Skor
Petunjuk Penskoran :
Skor akhir menggunakan skala 1 sampai 4
Perhitungan skor akhir menggunakan rumus :
Contoh :  Skor diperoleh 20, skor tertinggi 4 x 6 pernyataan = 24, maka skor akhir :

X 4 = 3.33

 

14

24                                Peserta didik memperoleh nilai :
Sangat Baik     : apabila memperoleh skor  : 3.33  < skor < 4.00
Baik                : apabila memperoleh skor  : 2.33  < skor < 3.33
Cukup             : apabila memperoleh skor  : 1.33  < skor < 2.33
Kurang            : apabila memperoleh skor :  skor <1.33
LEMBAR PENILAIAN KOGNITIF
1.  Jelaskan pengertian Husnuzzan!
2.  Jelaskan pengertian rajā’?
3.  Jelaskan pengertian tobat ?
4.  Sebutkan bentuk-bentuk Husnuzzan !
5.  Bagaimana membiasakan sifat rajā’?
6. Apa saja yang harus dipenuhi oleh orang yang bertobat agar tobatnya diterima oleh Allah SWT!
LEMBAR PENILAIAN PRAKTIK (KETERAMPILAN)
Kelas: ……………………….
Nama: ……………………….
Topik: ……………………..
No
Materi Yang Harus Dikuasai
Aspek Penilaian
Catatan
Lancar
Fasih
Intonasi
Ekpresi
1
Menghafal Ayat tentang Husnuzzan
2
Menghafal Ayat tentang Raja’
3
Mengahafal Doa untuk bertaubat
Jumlah Nilai
Pedoman penskoran :
        4 = sangat baik
        3 = baik
        2 = cukup
        1 = kurang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *