RPP Aqidah Akhlak MAN Kelas X Semester 1 Kurikulum 2013 Pertemuan 10

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) sangat dibutuhkan oleh semua guru bidang studi termasuk guru bidang studi AQIDAH AKHLAK sehingga RPP AQIDAH AKHLAK Kurikulum 2013 atau RPP AQIDAH AKHLAK K13 sangat dibutuhkan oleh banyak guru untuk menunjang aktivitas mereka belajar selama di dalam kelas. Maka untuk itu kami menyarankan untuk Anda Download RPP AQIDAH AKHLAK KURIKULUM 2013 LENGKAP DAN BAGUS karena akan membuat guru nyaman dan mengajar dan anak-anak akan mencapai hasil belajar yang maksimal sesuai yang diinginkan. RPP lengkap ini tersedia untuk Anda dan selamat mencontohnya!

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Nama Sekolah/Madrasah      : Sekolah
Mata Pelajaran                       : Aqidah Akhlaq
Kelas/Smt                              : Sepuluh (X) / Genap
Materi Pokok                         : Indahnya Asma’ul Husna
Alokasi Waktu                       : 2×45 Menit
A.      Kompetensi Inti (KI)
KI-1 :  menghayatidan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
KI-2: mengembangkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotongroyong , kerjasama, cinta damai. Responsip dan pro aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan social dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa
KI-3:  memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konsepteptual, procedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan dan peradaban terkait fenomena   kejadian memecahan serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
KI-4:  mengolah , menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri dan mampumenggunakan metode sesuai kaidah keilmuan
B. Kompetensi Dasar
1.2.Menghayati nilai-nilai yang terkandung dalam 10 Asmwul ousnw: al-Karrm, al-Mu’min, al-Wakrl, al-Matrn, al-Jwmi‘, al-‘Adl, an-Nwfi‘, al-Bwsih, al-oafrz dan al-qkhir
2.2.Membiasakan diri untuk meneladani sifat Asmwul ousnw: al-Karrm, al-Mu’min, al-Wakrl, al-Matrn, al-Jwmi‘, al-‘Adl, an-Nwfi‘, al-Bwsih, al-oafrz dan al-qkhir
3.2.Menganalisismakna 10 Asmwul ousnw:al-Karrm, al-Mu’min, al-Wakrl, al-Matrn, al-Jwmi‘, al-‘Adl, an-Nwfi‘, al-Bwsih, al-oafrz dan al-qkhir
4.2.Menghafalkan lafal-lafal Asmwul ousnw
C. Indikator Pembelajaran
1.  Menjelaskan pengertian asmaul hunsa
2.  Menyebutkan jumlah asmaul husna
3.   Siswa dapat menjelaskan makna dari 10 Asmaul Husna: al-Kariim, al-Mu’min, al-Wakiil, al-Matiin, al-Jaami’, al-‘Adl, an-Naf’i, al Basith, al-Hafidz dan al-Akhiir
4.   Melafalkan dan menghafal asmaul husna
Mengemukakan keutamaan nilai-nilai dari 10 Asmaul Husna: al-Kariim, al-Mu’min, al-Wakiil, al-Matiin, al-Jaami’, al-‘Adl, an-Naf’i, al Basith, al-Hafidz dan al-Akhiir
D. Tujuan Pembelajaran
1.     Setelah mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengasosiasi dan mengkomunikasikan,peserta didik dapat menjelaskan pengertian asmaul hunsa, menyebutkan jumlah asmaul husna, menjelaskan makna dari 10 Asmaul Husna: al-Kariim, al-Mu’min, al-Wakiil, al-Matiin, al-Jaami’, al-‘Adl, an-Naf’i, al Basith, al-Hafidz dan al-Akhiir, melafalkan dan menghafal asmaul husna dan mengemukakan keutamaan nilai-nilai dari 10 Asmaul Husna: al-Kariim, al-Mu’min, al-Wakiil, al-Matiin, al-Jaami’, al-‘Adl, an-Naf’i, al Basith, al-Hafidz dan al-AkhiirSetelah mengamati, menanya, mengekplorasi, mengasosiasi dan 
2.     mengkomunikasikan, siswa dapat menjelaskan ruang lingkup akidah Islam menyebutkan metode-metode peningkatan  kualitas penghayatan 10 asma’ul husna
E. Materi Pembelajaran (rincian dari Materi Pokok)
1.    Lafal dan Arti Asmaul Husna
Asma’ artinya nama, dan husna artinya lebih baik (bentuk superlatif). Jadi, nama-nama  Allah itu adalah nama yang paling baik dan sempurna; sedikitpun tidak ada kekurangannya.
2. Mengkaji 10 Asmaul Husna
a. Al Kariim artinya Yang Maha Mulia.  Allah adalah Dzat Yang Maha sempurna dengan kemulian-Nya. Dia terbebas dari perbuatan negatif dari makhluk-makhluk-Nya. Karena perbuatan negatif makhluk sama sekali tidak akan mempengaruhi dan mengurangi kemuliaan Allah Swt..
b. Al Mukmin artinya Yang Maha Memberi Keamanan. Allah Swt.. adalah satu-satunya dzat yang menjadi sumber rasa aman dan keamanan. Mukmin yang sejadi adalah mukmin yang mengharap keamanan dari Allah Swt..
c. Al Wakil berarti Yang Maha Mewakili. Dialah wakil yang mutlak. Dialah yang mengurusi segala sesuatu yang menjadi urusan hambaNya. Disamping itu Dia juga menyediakan segala sesuatu yang dibutuhkan oleh umat manusia. Hanya  Allah yang dapat memudahkan makhlukNya dari kesusahan yang dihadapi hambaNya.
d. Al Matin berarti Yang Maha Kokoh.  Allah adalah dzat yang mempunyai kekuatan yang sempurna. Kekuatan-Nya terbebas dari kelemahan. KekuatanNya yang kokoh tidak bisa digoyahkan oleh perbuatan makhluk-Nya. Kekuatan-Nya berdiri sendiri dan tiada yang membantu dalam kekuatan.
e. Al Jami’ berarti Yang Maha Mengumpulkan. Allah Swt.. adalah dzat yang menghimpun manusia pada hari kiamat kelak.  Allah pula yang mengumpulkan bagian-bagian tubuh manusia yang berserakan, lalu dibangkitkan kembali dari alam kubur.
f. Al-‘Adlberarti adil. Maksudnya, Allah Swt.. adalah dzat yang maha adil. Keadilan Allah Swt.. terhadap makhluk-Nya meliputi segala hal, baik yang menyangkut urusan keduniaan maupun urusan akhirat.
g. An Nafi berarti Pemberi Manfaat  Allah Swt.. telah menciptakan manusia sebagai makhluk-Nya yang paling baik dan semopurna serta telah memberikan karunia yang membuat manusia menjadi makhluk yang unggul di antara makhluk yang lain. Karunia tertinggi yang diberikan  Allah  yaitu akal, kalbu, fitrah, dan iman.
h. Al-Baasith adalah nama  Allah yang menyertai bahkan tak terpisahkan dengan nama sebelumnya, yaitu Al-Qaabidh. Jika Al-Qaabidh bermakna menyempitkan, maka Al-Baasith berarti sebaliknya, Maha Melapangkan. Kata al-Baasith sendiri berasal dari ba-sa-tha yang berarti keterhamparan, kemudian dikembangkan menjadi “memperluas” atau ”melapangkan”.
i. Al Hafiz,  Yang Maha Memelihara, tiada tuhan melainkan Dia, Yang Hidup kekal lagi terus-menerus mengurus (makhluk-Nya). Allah mengurus semua makhluk-Nya hingga Dia tidak pernah mengantuk maupun tertidur.
j. Al Akhiru berarti yang Maha Akhir. Allah Swt.. adalah Dzat Yang Maha Akhir (kekal). Akhir bagi  Allah tidak ada ujung dan tanpa batas. Setelah semua makhluk musnah, Allah Swt.. akan tetap ada dan tidak akan mengalami kemusnahan.
E.  Metode Pembelajaran (Rincian dari Kegiatan Pembelajaran)
1.  Diskusi,membagi siswa dalam beberapa kelompok, menunjuk salah seorang  siswa menjadi moderator, seorang menjadi notulis dan seorang menjadi juru bicara. Setelah diskusi masing-masing kelompok mempresentasikan kesimpulan didepan kelas.
2.  Tanya jawab, guru membagikan beberapa pertanyaan terkait dengan materi ajar, setiap bangku diberikan tiga pertanyaaan untuk dijawab bersama teman sebangku, bagi mereka yang sudah selesai diberikan kesempatan untuk menyampaikan jawabanya didepan kelas.
3.  Resitasi: guru memberikan tugas mandiri kepada seluruh siswa untuk mengakses internet dirumah, mencari bahan bacaan tentang indahnya asma’ul husna
 F. Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
    1.  Media
Gambar-gambar orang yang mengamalkan diantara 10 asma’ul husna, dan vidio
2.  Alat/Bahan
– Laptop, LCD Proyektor, Slide
    3.  Sumber Belajar
  Buku Ajar siswa Akidah AkhlakKelas X
  Departemen Agama, Al-Qur’an dan terjemahannya
  Modul hasil karya Musyawarah Guru Akidah Akhlak
– LKS
G.   Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Waktu
Pendahuluan
10’
1) Mengajak semua siswa untuk berdoa yang dipimpin oleh salah satu siswa
2) Menyapa kondisi kelas danmengkomunikasikan tentang kehadiran siswa serta kebersihan kelas
3) Guru mengajak siswa tadarrus bersama surat-surat pendek atau ayat-ayat pilihan
4) Guru menyampaikan tujuan belajar yang akan dipelajari
5) Guru mengajak siswa untuk menentukan metode dan kontrak belajar
Kegiatan Inti
65’
1). Mengamati
Guru membagi kelas menjadi empat kelompok dan membagikanempatgambar yang berbeda
Guru mempersilahkan siswa untuk mengamati gambar  sesuai dengan tema yang ditentukan dengan tujuan masing-masing kelompok dapat menyimpulkan
2) Menanya
Siswa disilahkan bertanya pada teman lain atau bertanya secara langsung pada guru, terkait dengan gambar ataupun materi pembelajaran.
3) Mengeksplorasi/mengumpulkan data/mengeksperimen
Masing-masing kelompok membaca materi atau mencari materi di buku lain atau internet dan mendiskusikan isi materi yang sudah didapatkan
4) Mengasosiasi
Siswa bersama anggota kelompoknya diminta untuk mengkaitkan materi yang didiskusikan dengan kehidupan sehari-hari dan emnyimpulkanya
1) Mengkomunikasikan
Setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusinya didepan kelas dan memajang hasil kesimpulan diskusi yang sudah diperbaiki di papan pajangan
Kegiatan Menutup
15’
2)      Siswa menyimpulkan hasil pembelajaran
3)      Guru memberikan penguatan materi ajar
4)      Guru memberikan tugas untuk mencari bahan bacaan sesuai materi ajar “seharusnya kita menghindari perbuatan syirik”
5)      Guru bersama-sama siswa membaca doa penutup majlis
H. Penilaian
I. Pengayaan
Peserta didik yangsudah mencapai ketuntasan belajar, mengerjakan:
a.   Membuat kliping tentang asmaul husna dan menganalisisnya
b.   Menjawab soal pengayaan yangtelah disiapkan oleh guru berkaitan dengan asmaul husna
(Guru mencatat dan memberikan tambahan nilai bagi peserta didik  yang berhasil dalam pengayaan).
J. Remedial
Peserta didik yang belum memenuhi ketuntasan belajar diberikan tugan untuk menyusun pertanyaaan dan menanyakan jawaban kepada teman sebaya, setelah menemukan jawaban dari teman sebaya, diberikan kesempatan untuk bertanya jawab dengan guru tentang materi “asmaul husna”.Guru akan melakukan penilaian kembali  dengan soal yang sejenis. Remedial pembelajaran dilaksanakan pada waktu dan  hari tertentu atas kesepakatan anatara peserta didik dan guru,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *