RPP Aqidah Akhlak MAN Kelas X Semester 1 Kurikulum 2013 Pertemuan 1

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) sangat dibutuhkan oleh semua guru bidang studi termasuk guru bidang studi AQIDAH AKHLAK sehingga RPP AQIDAH AKHLAK Kurikulum 2013 atau RPP AQIDAH AKHLAK K13 sangat dibutuhkan oleh banyak guru untuk menunjang aktivitas mereka belajar selama di dalam kelas. Maka untuk itu kami menyarankan untuk Anda Download RPP AQIDAH AKHLAK KURIKULUM 2013 LENGKAP DAN BAGUS karena akan membuat guru nyaman dan mengajar dan anak-anak akan mencapai hasil belajar yang maksimal sesuai yang diinginkan. RPP lengkap ini tersedia untuk Anda dan selamat mencontohnya!

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Nama Sekolah/Madrasah  : Sekolah
Mata Pelajaran                  : Akidah Akhlak
Kelas/Smt                          : Sepuluh (X) / Ganjil
Materi Pokok                     : Akidah Islam
Alokasi Waktu                  : 2×45 Menit
A.      Kompetensi Inti (KI)
KI-1 :  menghayatidan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
KI-2: mengembangkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotongroyong , kerjasama, cinta damai. Responsip dan pro aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan social dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa
KI-3:  memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konsepteptual, procedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan dan peradaban terkait fenomena   kejadian memecahan serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
KI-4:  mengolah , menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri dan mampumenggunakan metode sesuai kaidah keilmuan
B. Kompetensi Dasar
1.1. :  Meyakini kesempurnaan akidah Islam
2.1. :  Memiliki akidah yang kukuh dalam kehidupan sehari-hari
3.1. :  Menganalsis akidah Islam dan metode peningkatan kualitasnya
4.1. :  Mempraktikkan metode-metode peningkatan kualitas akidah islamiyah
C. Indikator Pembelajaran
1. Siswa dapat menjelaskan pengertian akidah
2. Siswa dapat menyebutkan dalil-dalil yang berhubungan dengan akidah Islam
3. Siswa dapat menyebutkan kesempurnaan akidah Islam
4. Siswa dapat menjelaskan ruang lingkup akidah Islam
5. Siswa dapat menyebutkan metode-metode peningkatan kualitas  akidah Islamiyah
D. Tujuan Pembelajaran
1.     Setelah mengamati, menanya, mengekplorasi, mengasosiasi dan  mengkomunikasikan, siswa dapat merumuskan  pengertian  akidah, menunjukkan  dalil-dalil akidah Islam,  menyebutkan kesempurnaan akidah Islam,
2.     Setelah mengamati, menanya, mengekplorasi, mengasosiasi dan  mengkomunikasikan, siswa dapat menjelaskan ruang lingkup akidah Islammenyebutkan metode-metode peningkatan  kualitas akidah  Islam.
E. Materi Pembelajaran (rincian dari Materi Pokok)
1.      Pengertian Akidah Islamiyah, Kata akidah berasal dari kata dasar bahasa Arab  al aqdu  (jamak  = al aqaid  ). Secara etimologi  mempunyai arti al Rabith (ikatan), al Ibram (pengesahan), al Ahkam (penguatan), al Tawuts (menjadi kokoh,  kuat),  al  syadd  bi  quwwah  (pengikatan  dengan  kuat),  dan  al  Itsbat  (penetapan).
2.      Dasar akidah Islamiyah, al-Qur’an, al-Hadis dan akal pikiran sebagai perangkat untuk memahami al-Qur’an dan Al-Hadis.
3.      Tujuan Akidah Islamiyah,untuk mengihlaskan niat dan ibadah kepada Allah,menimbulkan  ketenangan  jiwa  dan  pikiran,  terhindar  dari  kecemasan  dalam  jiwa  dan kegoncangan pikiran,menjamin kehidupan yang mulia bagi para pemeluknya karena terbebas dari syirik,bersungguh-sungguh menggunakan setiap kesempatan kesempatan untuk beramal baik,meraih kebahagiaan dunia dan akhirat.
4.      Ruang Lingkup Akidah Islamiyah,Iman Kepada Allah,Iman Kepada Malaikat,Iman Kepada Kitab Suci,Iman Kepada Nabi dan Rasul,Iman Kepada Hari Akhir,Iman Kepada Qada dan Qadar,
5.      Metode Peningkatan Kualitas Akidah Islamiyah;Meyakini keesaan Allah (Unity of Godhead), Meyakini Allah menciptakan segala sesuatu (Unity of Creation),Meyakini Allah menghargai dan memuliakan kemanusiaan (Unity of Mankind),Meyakini Allah memberi petunjuk sebagai pedoman hidup (Unity of Guidance),
E.  Metode Pembelajaran (Rincian dari Kegiatan Pembelajaran)
1.  Pengamatan,siswa disuruh mengamati gambar kisah orang yang mempunyai akidah kuat.
2. Tes tulis/uraian,siswa disuruh menjawab pertanyaan-pertanyaan dengan benar.
3.Mempresentasikan,guru menyuruh siswa mempretasikan pengamatan orang-orang yang berakidah kuat.           
 F. Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
    1.  Media
          Video tentang kisah Bilal bin robbah yang mempunyai akidah yang kuat   
2.  Alat/Bahan
– Laptop, LCD Proyektor, Slide
    3.  Sumber Belajar
  Buku Ajar siswa Akidah AkhlakKelas X
  Departemen Agama, Al-Qur’an dan terjemahannya
  Modul hasil karya Musyawarah Guru Akidah Akhlak
G.   Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Waktu
Pendahuluan
10’
1)     Mengajak semua siswa untuk berdoa yang dipimpin oleh salah satu siswa
2)     Menyapa kondisi kelas danmengkomunikasikan tentang kehadiran siswa serta kebersihan kelas
3)     Guru mengajak siswa tadarrus bersama surat-surat pendek atau ayat-ayat pilihan
4)     Guru menyampaikan tujuan belajar yang akan dipelajari
5)     Guru mengajak siswa untuk menentukan metode dan kontrak belajar
Kegiatan Inti
65’
1). Mengamati
Guru membagi kelas menjadi empat kelompok dan membagikanempatgambar yang berbeda
Guru mempersilahkan siswa untuk mengamati gambar  sesuai dengan tema yang ditentukan dengan tujuan masing-masing kelompok dapat menyimpulkan
2)  Menanya
Siswa disilahkan bertanya pada teman lain atau bertanya secara langsung pada guru, terkait dengan gambar ataupun materi pembelajaran.
3)  Mengeksplorasi/mengumpulkan data/mengeksperimen
Masing-masing kelompok mendemonstrasikan kepada kelompok lain tentang perilaku orang yang mempunyai akidah yang kuat.
4)  Mengasosiasi
Siswa bersama anggota kelompoknya diminta untuk mengkaitkan materi yang didiskusikan dengan kehidupan sehari-hari dan menyimpulkanya
5)  Mengkomunikasikan
Setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusinya didepan kelas dan memajang hasil kesimpulan diskusi yang sudah diperbaiki di papan pajangan
Kegiatan Menutup
15’
1)      Siswa menyimpulkan hasil pembelajaran
2)      Guru memberikan penguatan materi ajar
3)      Guru memberikan tugas untuk mencari bahan bacaan sesuai materi ajar “metode peningkatan kualitas akidah”
4)      Guru bersama-sama siswa membaca doa penutup majlis
PEDOMAN OBSERVASI SIKAP SPIRITUAL
Petunjuk :
Lembaran ini diisi oleh guru untuk menilai sikap spiritual peserta didik. Berilah tanda cek (v) pada kolom skor sesuai sikap spiritual yang ditampilkan oleh peserta didik, dengan kriteria sebagai berikut :
            4 = selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan
            3 = sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan
                   kadang-kadang tidak melakukan
            2 = kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan
                   sering tidak melakukan
            1 = tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan
Nama Peserta Didik    : ………………….
Kelas                           : ………………….
Tanggal Pengamatan  : …………………..
Materi Pokok              : Akidah Islam
No
Aspek Pengamatan
1
2
3
4
1
Berdoa sebelum dan sesudah melakukan sesuatu
2
Mengucapkan rasa syukur atas karunia Tuhan
3
Memberi salam sebelum dan sesudah presentasi
4
Menyatakan kekaguman atas kebesaran Tuhan
5
Merasakan kebesaran Tuhan saat belajar
Jumlah Skor
LEMBAR PENILAIAN DIRI
SIKAP JUJUR
Nama Peserta Didik    :………………….
Kelas                           :………………….
Materi Pokok              :………………….
Tanggal                       :………………….
PETUNJUK
        Bacalah pernyataan yang ada di dalam kolom dengan teliti
        berilah tanda cek (√)sesuai dengan kondisi dan keadaan  kalian sehari-hari
No
Pernyataan
TP
KD
SR
SL
1
Saya tidak menyontek pada saat mengerjakan ulangan
2
Saya menyalin karya orang lain dengan menyebutkan sumbernya
3
Saya melaporkan kepada yang berwenang jika menemukan barang
4
Saya berani mengakui kesalahan yang saya lakukan
5
Saya mengerjakan soal ujian tanpa melihat jawaban teman yang lain
Keterangan :
      SL = Selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan  yang diberikan
      SR = Sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan yang diberikan
      KD = Kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan  sering tidak melakukan
      TP  = Tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan sesuai pernyataan
Lembar Penilaian Antarpeserta didik
Sikap Disiplin (PENILAIAN TEMAN SEJAWAT)
Petunjuk :
Berilah tanda cek (v) pada kolom skor sesuai sikap tanggung jawab yang ditampilkan oleh peserta didik, dengan kriteria sebagai berikut :
            4 = selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan
            3 = sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan
                   kadang-kadang tidak melakukan
            2 = kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan
                   sering tidak melakukan
            1 = tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan
Nama Peserta Didik yang dinilai       : ………………….
Kelas                                                   : ………………….
Tanggal Pengamatan                          : …………………..
Materi Pokok                                      : …………………..
No
Aspek Pengamatan
Skor
1
2
3
4
1
Masuk kelas tepat waktu
2
Mengumpulkan tugas tepat waktu
3
Memakai seragam sesuai tata tertib
4
Mengerjakan tugas yang diberikan
5
Tertib dalam mengikuti pembelajaran
6
Membawa buku teks sesuai mata pelajaran
Jumlah Skor
Petunjuk Penskoran :
Skor akhir menggunakan skala 1 sampai 4
Perhitungan skor akhir menggunakan rumus :
Contoh :  Skor diperoleh 20, skor tertinggi 4 x 6 pernyataan = 24, maka skor akhir :

X 4 = 3.33

 

14

24                                Peserta didik memperoleh nilai :
Sangat Baik     : apabila memperoleh skor  : 3.33  < skor < 4.00
Baik                : apabila memperoleh skor  : 2.33  < skor < 3.33
Cukup             : apabila memperoleh skor  : 1.33  < skor < 2.33
Kurang            : apabila memperoleh skor :  skor <1.33
LEMBAR PENILAIAN KOGNITIF
1.  Jelaskan pengertian iman menurut al-Qur’an surah al-Baqoroh ayat 1-5!
2. Jelaskan pengertian akidah Islam menurut pendapat ulama.!
3.  Terangkan ruang lingkup akidah Islamiyah !
4.  Diskripsikan dengan penalaran tujuan akidah Islamiyah !
5.  Jelaskan dengan contoh metode peningkatan akidah Islamiyah !
LEMBAR PENILAIAN PRAKTIK (KETERAMPILAN)
Kelas: ……………………….
Nama: ……………………….
Topik: Mempresentasikan metode peningkatan kwalitas akidah
No
Materi Yang Harus Dikuasai
Aspek Penilaian
Catatan
Lancar
Fasih
Intonasi
Ekpresi
1
Menghafal Ayat Dasar Akidah
2
Menghafal Doa Sujud Syukur
3
Menghafal Doa Syukur Nikmat
4
Menghafal Doa Mau Belajar
5
Melafalkan Kalimat Tauhid
Jumlah Nilai
Pedoman penskoran :
        5 = sangat baik
        4 = baik
        3 = cukup
        2 = kurang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *