Materi Penting Pendidikan Agama Islam Lengkap Sesuai Teori Ahli

Materi Penting Pendidikan Agama Islam Lengkap Sesuai Teori Ahli – Agama Islam bersifat universal, yang mengajarkan kepada umat manusia mengenai berbagai aspek kehidupan, baik dunia maupun akhirat. Karena pada dasarnya manusia manusia terdiri dari jasmani dan rohani, sehingga ia membutuhkan bimbingan dan petunjuk yang benar yang bernilai mutlak untuk kebahagiaan dunia dan akhirat.

Sesuatu yang mutlak tentunya juga berasal dari yang mutlak pula (Allah) dan itu tidak lain adalah agama.

Pokok Ajaran Islam

Dari uraian diatas dapat diketahui bahwa pokok ajaran Islam, berkisar pada tiga hal yaitu:

  1. Masalah ke-Imanan, Ketauhitan (Aqidah)
  2. Maslah ke-Islaman (Syari’ah)
  3. Masalah Ikhsan (Akhlak)
    • Aqidah bersifat itiqad batin, mengajarkan keEsaan Tuhan, Esa sebagai Tuhan yang menciptakan dan mengatur, serta meniadakan alam ini.
    • Syari’ah adalah berhubungan dengan amal lahir dalam rangka mentaati seua peraturan dan semua hokum, guna mengatur hubungan antara manusia dengan Tuhan dan mengatur pergaulan hidup dan kehidupan manusia.
    • Akhlak adalah suatu amalan sebagai pelengkap dan penyempurna dua amalan itu, serta mengajarkan tata cara pergaulan hidup manusia.15

Teori Penting Materi Pendidikan Agama Islam

Ketiga inti ajaran Islam yang menjadi Isi atau materi pokok pendidikan agama Islam. Mengenai urutan ruang lingkup materi pokok itu sebenarnya telah dicontohkan dalam pendidkan putranya. Hal ini telah diuraikan dalam Surat Al-Luqman; 13 sebagai berikut:

وَإِذ قَالَ لُقْمَانُ لإِبْنِهِ وَهُوَ بَعِظُهُ يبُنَيَّ لاَتُشْرِكْ بِاللهِ إِنَّ الشِّرْكَ لَظُلْمٌ عَظِيْمٌ.  (لقمان : 13)

Artinya: “dan ingatlah ketika luqmqn berkata kepada anaknya. Di waktu ia memberi pelajaran kepada anaknya: “Hai anakku janganlah kamu mempersekutukan Allah, sesungguhnya mempersekutukan (Allah) adalah benar-benar kezaliman yang besar” (Q.S Al-Luqman;13).16

Berdasarkan pada Ayat tersebut jelaslah bahwa dalam rangka membentuk sikap dan tingkah laku anak, pendidikan yang pertama dan utama yang diberikan kepada anak adalah menanamkan keimanan kepada Allah SWT. Hal ini berlaku bagi tiap-tiap lembaga pendidikan mulai dari Sekolah Dasar sampai Perguruan tinggi, hanya saja ruang lingkupnya serta luas dan mendalamnya materi tergantung pada jenis sekolah, jenjang sekolah, tujuan dari masing-masing perkembangan anak didik.

Sedangkan mengenai sistematika pengajaran dan teknik penyajiannya terserah kepada kebijaksanaan masing-masing pendidik, sesuai dengan bahan dan waktu yang tersedia dan pada jadwal yang telah ditetapkan.

Fungsi Pendidikan Agama Islam Dalam Pembinaan Akhlak

Pendidikan Agama adalah merupakan pendidikan yang memperbaiki sikap dan tingkah laku manusia. Membina budi pekerti seta membina budi pekerti luhur seperti, kebenaran, keihlasan, kejujuran, keadilan, kasih sayang, cinta mencintai dan menghidupkan hati nurani manusia untuk memperhatikan Allah SWT, baik dalam keadaan sendirian maupun bersama orang lain.

Agama memberikan kepada kita nilai-nilai rohani yang merupakan kebutuhan pokok kehidupan manusia, bahkan kebutuhan fitrahnya. Karena tanpa landasan agama ini manusia tidak akan mampu mewujudkan keseimbangan antara dua kekuatan yang saling bertentangan yakni kekuatan kebaikan dan kejahatan. Agama berfungsi membentuk pribadi yang cakap baik didalam kehidupan duniawi sebagai jembatan emas untuk mencapai kebahagiaan ukhrowi. 17

Tujuan Pendidikan Agama Islam Menurut Ahli

Menurut Hasan Langgulung tujuan pendidikan agama harus mampu mengakomodasikan tiga fungsi dari agama yaitu:

  1. Fungsi spiritual yang berkaitan dengan aqidah
  2. Fuungsi psikologi yang berkaitan dengan tingkah laku individual termasuk nilai-nilai akhlak yang menyangkut derajad manusia ke derajad yang lebih sempurna
  3. Fungsi sosial yang berkaitan dengan aturan-aturan yang menghubungkan manusia dengan manusia lain atau masyarakat,dimana masing-masing menyadari hak-hak dan tanggung jawabnya untuk menyusun masyarakat yang harmonis dan seimbang.18

Materi Penting Pendidikan Agama Islam Lengkap Sesuai Teori Ahli

Pendidikan akhlak merupakan bagian dari pendidikan agama dan merupakan tujuan dari pendidikan itu, Sebagaimana Mohammad Athuyah mengatakan bahwa pendidikan akhlak adalah adalah jiwa pendidikan Islam. Tujuan yang sebenarnya dari pendidikan Islam yang sebenarnya adalah menyempurnakan akhlak.

Jadi tujuan pendidikan akhlak sudah trcantum dalam tujuan agama yaitu sejalan dengan tujuan akhirnya, yaitu membentuk akhlakul karimah yang merupakan manfaat dalam jiwa anak didik, sehingga anak tersebut terbiasa dalam berperilaku dan bertindak secara rohaniah dan insaniah yang bergantung pada moralitas keagamaan tanpa memperhitungkan keuntungan-keuntungan material.19

Tujuan Akhir Pendidikan Agama Islam

Menurut Mohammad Athiyah tujuan akhir dari pendidikan Islam adalah sebagai berikut:

  1. Untuk mengadakan pembenttukan aklhlak mulia
  2. Persiapan untuk kehidupan bahagia didunia maupun akhirat
  3. persiapan untuk mencari rezeki dan pemeliharaan segi manfaat atau lebih kenal dengan nama veksional dan profesional.
  4. Menumbuhkan semangat ilmiah pada pelajar dan memuaskan keingintahuan, serta memungkinkan mereka mengkaji ilmu demi ilmu itu sendiri.20

Menurut ahmadi tujuan akhir disebut tujuan tertinggi, dan tujuan tersebut bersifat mutlak, tidak mengalami dan berlaku secara umum.karena sesuai dengan konsep ketuhanan yang mengandung kebenaran mutlak dan universal. Tujuan tersebut pada akhirnya sesuai dengan tujuan hidup manusia yaitu:

  1. Menjadi hamba Allah yang paling bertaqwa
  2. Mengantarkan subjek didik menjadi wakil Tuhan di bumi yang mampu memakmurkan dan lebih jauh lagi, mewujudkan rahmat bagi alam sekitarnya, sesuai dengan tujuan penciptannya dan sebagai konsekuensi setelah menerima islam sebagai pedoman hidup.
  3. Untuk memperoleh kesejahteraan, kebahagiaan hidupdidunia dan akhirat,baikindividu maupun masyarakat. Ketiga tujuan tersebut pada dasarnya merupakan satu kesatuanyang tidak terpisahkan.21

Faktor Sukses Guru Agama dalam Mengajar

Suksesnya guru agama dalam membina akhlak siswanya sangat ditentukan oleh berhasilnya pembinaan akhlak itu sendiri.

Berdasarkan kurikulum pendidikan agama Islam untuk siswa SLTP berfunsi sebagai berikut:

  1. Pengembangan, yaitu meningkatkan keimanan dan ketakwaan peserta didik kepada Allah SWT yang telah ditanamkan dalam lingkungan keluarga. Pada dasarnya dan pertama-tama kewajiban menanamkan keimanan dan ketaqwaan dilakukan oleh setiap orang tua dalam keluarga. Sekolah berfungsi untuk menumbuhkembangkan lebih lanjut dala diri anak melalui bimbingan, pengajaran dan pelatihan agar keimanan dan ketaqwaan tersebut dapat berkembang secara optimal sesuai dengan tingkat perkembangannya.
  2. Penanaman nilai sebagai pedoman hidup untuk mencari kebahagiaan hidup di dunia dan akhirat.
  3. Penyesuain mental, yaitu untuk menyesuaikan diri dengan lingkungannya baik lingkungan fisik maupun lingkungan social dan dapat mengubah lingkungannya sesuai dengan ajaran agama Islam. Penyesuaian mental, yaitu untuk menyesuaikan diri dengan lingkungannya baik lingkungan fisik maupun lingkungan social dan dapat mengubah lingkungannya sesuai dengan ajaran agama Islam
  4. Perbaikan, yaitu untuk memperbaiki kesalahan -kesalahan, kekurangan-kekurangan dan kelemahan-kelemahan peserta didik dalam keyakinan, pemahaman dan mengubah lingkungannya sesuai dengan ajaran agama Islam.
  5. Pencegahan, yaitu untuk menangkal hal-hal negatif dari lingkungannya atau dari budaya lain yang dapat membahayakan dirinya dan menghambat perkembanganya menuju anusia Indonesia
  6. Pengajaran tentang ilmu pengetahuan keagamaan secara umum (alam nyata dan nir-nyata)system fugsionalnya.
  7. Penyaluran, yaitu untuk menyalurkan anak-anak yang memiliki khusus di bidang Agama islam agar bakat tersebut dapat berkembang secara optimal sehingga dapat dimanfatkan untuk dirinya sendiri dan bagi orang lain.[1]

Dengan demikian rumusan fungsi pendidikan Islam secara mendasar merupakan bentuk pengarahan, pembinaan, dan pengembangan agar mampu menggembangkan diri, ilmu, tugas-tugas hidupnya, mewujudkan akhlak mulia, peran aktif dalam membangun kehidupan guna menjalankan tugas dan kewajibanya sebagai umat Islam.

Referensi Penting Materi Pendidikan Agama Islam

15 Zuharini,dkk,Op. cit. hlm 58

16 Departemen Agama RI. Op. cit.hlm;hlm 654

17 Derpartemen Agama  RI, Op -cit hlm; 13

18 Jamaludin. Dkk, Kapita Pendidikan Islam,Pustaka setia,Bandung,1998,hlm;14

19 M.Arifin, Fisafat Pendidikan Islam,Bina Aksara,Jakarta.hlm;136

20 Imam Bawani.Dkk, 1991. Cendekiawan Muslim Dalam Perspektif pendidikan Agama Islam, ciputat Pres, Jakarta.hlm;36

21 M.Arifin,Op-cit hlm 140

[1]   Aminudin, Etika Ilmu Akhlak,  Bulan Bintang,Jakarta 1975, hal 63

One thought on “Materi Penting Pendidikan Agama Islam Lengkap Sesuai Teori Ahli

Comments are closed.