CONTOH PTK PENELITIAN TINDAKAN KELAS PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL)

 

CONTOH PENELITIAN TINDAKAN KELAS, CONTOH PTK LENGKAP, JELAS, PRAKTIS, SUDAH SELESAI, LANGSUNG DIPRINT, PTK PKn, PTK PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN LENGKAP, PTK SMA, PTK SMP, PTK SD, PTK MA, PTK MTs, PTK MI, 

 

 

PTK INI DAPAT DIPESAN LENGKAP SEHARGA RP.250.000 KIRIM EMAIL KE duniapendidikan2@gmail.com UNTUK MENDAPATKANNYA. 

ABSTRAK PTK PKN “Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) Pada Materi Budaya Demokrasi Menuju Masyarakat Madani di Kelas XI IPS Sekolah SMA Tahun Pelajaran 2012/2013”
Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mengetahui upaya peningkatan hasil belajar siswa melalui pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) pada materi Budaya Demokrasi Menuju Masyarakat Madani di Kelas XI IPS Sekolah SMA Tahun Pelajaran 2012/2013.
 
Dalam rangka meningkatkan hasil belajar siswa maka digunakan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) pada materi Budaya Demokrasi Menuju Masyarakat Madani pada kelas XI IPS Sekolah SMA. Setelah diterapkan Contextual Teaching and Learning (CTL) pada materi Budaya Demokrasi Menuju Masyarakat Madani siswa mengalami peningkatan hasil belajar. 
 
Metode ini dilakukan dalam dua siklus terhadap 36 siswa, dilakukan dalam dua siklus karena penerapannya sudah mengalami ketuntasan hasil belajar. Teknik pengumpulan data adalah dengan observasi dan pengamatan, analisis data dilakukan secara deskripsi dengan teknik persentase. Tingkat keaktifan siswa dinyatakan dengan kategori tinggi, sedang dan rendah.


DOWNLOAD ABSTRAK PTKCONTEXTUALTEACHING AND LEARNING (CTL)

 
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa: a) Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan dengan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) pada Materi Budaya Demokrasi Menuju Masyarakat Madani di Kelas XI IPS Sekolah SMA sudah berlangsung efektif, b) Secara klasikal, peningkatan hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan khususnya pada materi Budaya Demokrasi Menuju Masyarakat Madani dengan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) menunjukkan ketuntasan sesuai Kriteria Ketuntasan Minimun yang ditetapkan sekolah, c) Siswa yang mencapai nilai > 70 sebanyak 83,38%, hal ini menandakan bahwa hasil ini termasuk ke dalam kriteria baik dan tidak perlu pengulangan siklus berikutnya. Dengan demikian dapat disimpulan bahwa penerapan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan.

Kata Kunci: Upaya Peningkatan, Hasil Belajar, Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL),  PTK Contextual Teaching and Learning (CTL)

Download juga RPP Kurikulum 2013 dan Silabus Kurikulum 2013 Fikih Quran HaditsSejarahBahasa Indonesia Bahasa InggrisBahasa ArabSKIFisikaKimiaBiologiMatematikaSosiologiGeografiTeknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Ekonomi PKn IPA TerpaduIPS TerpaduSeni Budaya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *